Sabtu, 10 September 2016

CONTOH USULAN PROGRAM KREATIVITAS MAHASISWA (PKM) UNESA



USULAN PROGRAM KREATIVITAS MAHASISWA
BAMBOONG, BAkso JuMBO Khas Desa BrayublandONG yang Terbuat dari 100% Daging Sapi Pilihan dengan Harga Terjangkau

BIDANG KEGIATAN:
PKM KEWIRAUSAHAAN

Diusulkan oleh:
1.       Widarti                           (12020774020 / Pend.Bhs. Mandarin)
2.       Fani Puspita Utami        (12020084220 / Sastra Inggris)
3.       Ghalant Reenata            (12020114050 / Pend.Bhs. Jawa)
4.       M. Bagus Budianto        (12050514210 / Pend.Teknik Elektro)


UNIVERSITAS NEGERI SURABAYA
SURABAYA
2015


BAB 1
PENDAHULUAN
1.1  Judul
Judul proposal PKM-K ini adalah “BAMBOONG”, BAkso JuMBO Khas Desa BrayublandONG yang Terbuat dari 100% Daging Sapi Pilihan dengan Harga Terjangkau
1.2  Latar Belakang Masalah
Desa Brayublandong adalah desa yang terletak di kecamatan Dawarblandong kabupaten Mojokerto. Desa Brayublandong terletak sekitar 17 km dari pusat kota Mojokerto. Desa ini adalah desa yang 80% warganya adalah seorang petani. Sebanyak 15% dari warganya juga membuka usaha rumahan. Adapun apabila membuka usaha masih dalam skala kecil seperti membuka warung kopi, warung rujak, dan membuka toko kecil-kecilan. Masih belum banyak di desa Brayublandong yang warganya membuka usaha di bidang kuliner dalam skala besar. Usaha kuliner rumahan yang ada di desa Brayublandong adalah warung nasi pecel, nasi goreng, soto, sate ayam dan kambing, penyetan, mie ayam, dan bakso.
Bakso adalah makanan yang paling banyak peminatnya, begitupun di desa Brayublandong. Bakso yang dijual oleh beberapa warga desa Brayublandong adalah bakso campur, yang semangkoknya berisi pentol bakso, gorengan, dan tahu. Rata-rata per mangkok dijual dengan harga 5000, dan untuk bakso porsi besar dijual dengan harga 10.000. Bakso yang dijual pun rata-rata terbuat dari daging ayam. Ada beberapa warga dari desa Brayublandong yang tidak suka dengan bakso yang terbuat dari daging ayam, hal tersebut didasarkan pada beberapa hal, salah satunya adalah rasa dan aroma dari bakso daging ayam yang biasanya terasa amis. Bakso yang terbuat dari daging ayampun tidak bisa tahan lama, hal tersebut dikarenakan daging ayam yang cepat membusuk. Perbedaan yang menyolok antara bakso yang terbuat dari daging ayam atau daging sapi bisa dilihat dari kualitas rasa dan aromanya. Warga desa Brayublandong yang menjual bakso dari daging ayampun mempunyai alasan mengapa mereka tidak menjual bakso yang berkualitas tinggi yang terbuat dari daging sapi.
Sudah diketahui khalayak umum bahwa harga kebutuhan sehari semakin hari semakin tinggi, mulai dari harga daging sapi, ikan, beras, telor, dan bahan-bahan bumbu serta kebutuhan sehari-hari lainnya. Harga daging sapi yang sekarang ini mencapai angka seratus ribu rupiah pun membuat para penjual bakso harus beralih menggunakan daging ayam agar baksonya tetap laku dan tetap bisa jualan serta tetap bisa mendapatkan untung. Oleh karena sebab itu banyak penjual bakso di desa Brayublandong beralih menggunakan daging ayam dikarenakan harga daging ayam yang lebih murah dibandingkan harga daging sapi. Namun ada beberapa kalangan dari warga desa Brayublandong yang harus mencari bakso ke luar desa bahkan ke luar kecamatan untuk membeli bakso yang terbuat dari daging sapi. Kalangan warga tersebut adalah warga yang sudah lansia, anak- anak, dan ibu yang sedang hamil. Alasan warga tersebut mencari bakso harus ke luar kecamatan adalah alasan selera. Warga tersebut tidak suka bakso yang terbuat dari daging ayam dan lebih suka bakso yang terbuat dari daging sapi karena rasa dari daging bakso yang lebih enak.
Berdasarkan potensi usaha  dan masalah yang ada di desa Brayublandong  yang sudah dijabarkan di atas, maka penulis ingin memanfaatkannya untuk membuka usaha kuliner berupa bakso. Bakso yang akan diproduksi adalah bakso yang terbuat dari 100% daging sapi pilihan dengan kuah yang akan dibuat berbeda dengan kuah bakso yang lain. 1 mangkok bakso terdiri atas satu bakso jumbo dengan campuran sedikit mie burung dara yang diatasnya akan ditaburi daun seladri dan bawang goreng dilengkapi dengan paket es kelapa muda yang segar. Alasan penambahan paket dengan es kelapa muda dikarenakan di desa Brayublandong belum ada warga yang menjual es kelapa muda.  
1.3  Rumusan Masalah
Berdasarkan latar belakang yang diuraikan di atas, dapat dirimuskan rumusan masalah yaitu:
1)        Bagaimana membuat bakso yang berbeda dengan bakso yang lain yang terbuat dari 100% daging sapi pilihan dengan harga yang terjangkau?
2)        Bagaimana memanajemen usaha bakso agar bisa terus berjalan di desa Brayublandong, dawarblandong, Mojokerto?


1.4  Tujuan
Tujuan dari penulisan proposal ini adalah
1)        Menemukan usaha kuliner yang berkualitas dengan membuat bakso yang berbeda dengan bakso yang lain yang terbuat dari 100% daging sapi pilihan dengan harga yang terjangkau.
2)        Menemukan usaha kuliner yang bisa bersaing dan berkelanjutan di desa Brayublandong dengan memenejemi usaha bakso “BAMBOONG”.
1.5  Luaran yang Diharapkan
Penulis mengharapkan luaran yang diharapkan dari usaha ini adalah suatu usaha yang bergerak di bidang kuliner yang mampu menjadi pioner bisnis bakso utama di desa Brayublandong sesuai dengan kebutuhan pasar. Produk yang dihasilkan adalah bakso yang 100% terbuat dari daging sapi pilihan tanpa pilihan daging ayam dan kuah yang disajikan merupakan kuah yang terbuat dari bumbu pilihan. Penyajian bakso ini akan bersistem paket dengan es kelapa muda dengan harga yang terjangkau untuk semua kalangan warga baik di desa Brayublandong maupun di sekitarnya. Bisnis bakso yang dibangun ini juga diharapkan bisa menginspirasi warga desa Brayublandong untuk berani membuka usaha yang berbeda walaupun bahan baku yang harus dibeli tidaklah murah.
1.6   Diffrensiasi/ Keunggulan
Adapun keunggulan atau kelebihan dari usaha kuliner berupa bakso ini adalah sebagai berikut:
1)        Belum ada di desa Brayublandong yang menjual bakso jumbo yang terbuat dari 100% daging sapi pilihan dengan harga terjangkau yaitu Rp.10.000,- per porsinya.
2)        Belum ada di desa Brayublandong yang menjual bakso dengan sistem berpaket dengan es kelapa muda yang dijual dengan harga Rp.15.000 per porsinya.
3)        Setiap konsumen yang membeli bakso lebih dari Rp.150.000,- akan mendapatkan member card, dan konsumen yang mempunyai member card tersebut akan mendapat potongan harga 5% .




BAB II
GAMBARAN UMUM RENCANA USAHA
2.1    Gambaran Usaha
Bakso BAMBOONG ini adalah bakso yang terbuat dari 100% daging sapi pilihan. Dalam pembuatan pentolnya perbandingan antara daging bakso dan kanji yang digunakan adalah 3:1/2. Hal ini dimaksudkan agar daging sapi terasa dan kualitas bakso bisa tetap terjaga. Pada tahap pencetakan bola bakso ditambahkan 1 kg daging cincang. Alasan penambahan daging sapi cincang ini adalah untuk menambah rasa dari daging sapi itu sendiri. Setelah bahan dari pentol bakso digiling maka selanjutnya adalah proses pencetakan bola bakso. Selanjutnya, bakso yang sebelumnya sudah dimasak setengah matang dimasukkan ke dalam bos besar. Hal ini dimaksudkan agar bakso yang setengah matang tadi menjadi matang sempurna. Pada tahap pembuatan kuah, kuah yang akan disajikan harus diberi bumbu warisan. Bumbu kuah bakso haruslah spesial. Bumbu yang dimaksud terbuat dari bawang merah, bawang putih, daun bawang pre, merica, kemiri, gula dan garam. Adapun penambahan untuk pembuatan kuah adalah dengan menambahkan tulang sapi dan gajih ayam. Kualitas kuah juga haruslah tetap terjaga agar konsumen tetap setia membeli bakso. Pada tahap penyajian, mangkok yang sudah disiapkan akan diberi tambahan burung dara dan kol secukupnya, hal ini dimaksudkan agar penyajiannya menarik dengan sedikit menambahkan sayur. Setelah dalam mangkok siap, maka tahap selanjutnya adalah penaburan daun seladri dan bawang goreng agar aroma bakso semakin kuat dan enak. Untuk paket yang disediakan adalah semangkok bakso jumbo dan segelas es kelapa muda dengan harga Rp.15.000,-. Apabila konsumen tidak ingin minum es kelapa muda maka tidak apa-apa. Seporsi bakso jumbo dihargai Rp.10.000,-.
Langkah pembuatan pentol bakso BAMBOONG adalah sebagai berikut:
1)        Siapkan bahan yang akan digunakan yaitu: 3 kg daging sapi, 1 kg daging sapi cincang, 1 kg kanji dan terigu, bawang putih dan garam secukupnya, es batu secukupnya dan jeruk nipis. Lalu giling hingga menjadi adonan siap cetak
2)        Cetak adonan bakso yang disiapkan tadi dengan bentuk bola, jangan lupa tambahkan sedikit daging sapi cincang, lalu masukkan ke dalam panci yang berisi air yang panas.
3)        Setelah bewarna kecoklatan atau setengah matang, tiriskan dan panaskan dengan bantuan sinar matahari atau udara dari kipas angin.
4)        Setelah kering, masukkan pentol bakso ke dalam bos besar yang sudah berisi kuah yang sudah berisi bumbu pilihan.
5)        Tunggu sampai bumbu kuah meresap ke pentol bakso, dan bakso sudah siap dihidangkan.
2.2  Target Pasar
Masyarakat yang menjadi target konsumen dalam usaha adalah:
1)        Masyarakat umum yang tidak menyukai bakso yang terbuat dari daging ayam
2)        Balita yang menggunakan kuah bakso dari usaha sebagai kuah untuk makan karena kuah dari bakso ini akan disajikan dari bumbu pilihan
3)        Para lansia yang yang menginginkan bakso yang mempunyai rasa yang enak namun empuk bila digigit.
Jumlah penduduk desa Brayublandong adalah sekitar 3000 lebih. Dengan asumsi bahwa akan ada sekitar 30-40 warga desa brayu yang akan membeli bakso BAMBOONG. Media-media promosi yang akan digunakan adalah:
1)        Banner. 2 banner berukuran 3 m X 2 m akan ipasang di depan tempat lokasi usaha
2)        Manusia. Menggunakan teknik word of mouth (mulut ke mulut), pemberitahuan dari teman ke teman yang lain mengenai usaha yang dijalankannya. Karena lokasi usaha adalah di sebuah desa kecil di kecamatan Dawarblandong, maka asumsi promosi melalui mulut ke mulut akan lebih efektif.
3)        SMS (Short Message Service). Mengirim SMS kepada teman, saudara, atau kerabat dari luar desa Brayunblandong mengenai bisinis kuliner bakso BAMBOONG yang dijalankan.
4)        Sosial media. Menggunakan Sosial media yang ada seperti membuat web atau blog, melalui BBM, twitter, facebook, line, whatsapp, dll
Market pottential yang akan didapat bisnis kuliner ini diasumsikan sekitar 15-20% dari seluruh warga desa Brayublandong. Dengan demikian market share yang akan diraih sekitar 40-50%, mengingat produk yang dihasilkan adalah bakso dengan bahan daging sapi pilihan, dan es kelapa yang dijual adalah es kelapa yang pertama kali ada di desa Brayublandong.

BAB III
METODOLOGI
3.1    Metode Pelaksanaan
Metode pelaksanaan bisnis kuliner ini akan dibagi menjadi 3 tahap utama, adapun penjelasannya adalah sebagai berikut:
1)        Persiapan
Tahap persiapan adalah tahap untuk menyiapkan semua kebutuhan usaha meliputi, survei bahan, membeli bahan bakso dan barang-barang yang diperlukan, mendekor tempat usaha, ujicoba pembuatan, rasa dan aroma adonan yang sudah digiling maupun es kelapa muda yang akan disajikan, mempromosikan dengan cara menyiapkan media promosi dan memasang banner di depan tempat usaha.
2)        Pelaksanaan
Tahap pelaksaaan adalah tahap pembukaan usaha. Adapun langkah yang digunakan pada tahap pelaksanaan ini adalah membuka grand opening, serta pelaksanaan untuk membuka usaha kuliner ini. Pada tahap pelaksaan ini juga tetap diadakan promosi. Promosi yang dilakukan yaitu apabila ada pembeli yang membeli bakso, maka pembeli akan diberi brosur untuk disebarkan kepada tetangga dan sahabatnya bhawa di desa brayublandong telah dibuka usaha kuliner berupa bakso BAMBOONG, adapun media promosi yang tetap digunakan adalah dari mulut ke mulut.
3)        Evalusi
Tahap evaluasi adalah tahap di mana menilai untuk menemukan kelebihan dan kekurangan bisnis yang dijalankan. Tahap evaluasi ini digunakan untuk menekan kekeurangan bisnis sehingga bisnis nantinya bisa tetap berjalan dan menjadi bisnis yang sukses di desa Brayublandong dan sekitarnya. Adapun tahap evaluasi ini adakn dibagi menjadi 3 tahap. Pada 1 bulan pertama akan diadakan evaluasi harian dan  mingguan. Evaluasi harian diadakan setiap malam selepas usaha tutup. Evaluasi mingguan diadakan seminggu sekali pada hari minggu malam. Setelah bisa berjalan beberapa bulan, maka evaluasi akan ditambah menjadi evaluasi bulanan. Hal ini dimaksudkan agar bisnis yang dijalankan tetap sesuai dengan permintaan pasar.

3.2 Struktur Organisasi
Adapun struktur organisasi yang disusun untuk menjalankan bisnis kuliner bakso BAMBOONG adalah sebagai berikut:
Manager                          : Widarti
Staff Produksi                   : Ghalant Reenata
Staff Keuangan                 : Fani Puspita Utami
Staff Marketing                : M. Bagus Budianto

Deskripsi tugas dari masing-masing unit kerja adalah sebagai berikut:
1)        Manager, bertanggung jawab antara lain:
a.        Bertanggungjawab atas kelangsungan bisnis
b.        Mengarahkan dan memberi motivasi pada anggota
c.         Menjalin hubungan kerja dengan mitra bisnis
d.        Bertanggung jawab untuk mengembangkan usaha
2)        Staff Produksi, bertanggung jawab antara lain:
a.        Bertanggungjawab terhadap kegiatan produksi
b.        Mencatat semua keperluan yang diperlukan
c.         Memberikan pertimbangan berkaitan dengan pengembangan usaha
d.        Bertanggung jawab atas kelangsungan usaha
3)        Staff Keuangan, bertanggung jawab antara lain:
a.        Mengatur arus masuk dan keluar uang
b.        Mengatur pemberian kompensasi kepada anggota
c.         Memberikan pertimbangan berkaitan dengan kondisi usaha, terutama mengenai keuangan
d.        Membantu pemasaran
e.        Bertanggung jawab atas kelangsungan usaha
4)        Staff Marketing, bertanggung jawab antara lain :
a.        Bertanggung jawab terhadap kegiatan pemasaran
b.        Memberikan pertimbangan berkaitan dengan kondisi usaha, terutama mengenai pemasaran
c.         Bertanggung jawab atas kelangsungan usaha

3.3 Jadwal Pelaksanaan Kegiatan
No
Keterangan
Bulan
I
II
III
IV
V
VI
1.               
Survei bahan baku






2.      2.
Survei alat






3.      3.
Pembuatan banner






4.      4.
Pengadaan bahan dan alat






5.
Mendekor tempat usaha






6.
Pemasangan banner






7.
Grand opening






8.
Kegiatan operasional






9.
Masa promosi






10.
Laporan keuangan






11.
Evaluasi


























BAB IV
RANCANGAN BIAYA
1.      Biaya Peralatan
Investasi yang diperlukan
Frekuensi
Harga satuan
jumlah
Kompor
1
400.000
400.000
Tabung
1
100.000
100.000
Eros
1
20.000
20.000
Bos Besar
1
250.000
250.000
Mangkok
2 lusin
65.000
130.000
Sendok
1 lusin
20.000
20.000
Garpu
1 lusin
20.000
20.000
Panci Besar
1
150.000
150.000
Blender
1
250.000
250.000
Jumlah
1.340.000,-

2.      Bahan Pembuatan Pentol Bakso
Daging Sapi 3 kg @100000                 300.000
Kanji 1 ½ kg                                         10.000
Terigu ¼ Kg                                         5000
Bawang Putih                                      1000
Garam Secukupnya                             1000
Jumlah                                                 317.000

3.      Bahan Kuah



Gajih ayam
½ kg
20.000
Tulang belulang
1 kg
30.000
bawang merah
1 ons
8000
bawang putih
½ ons
5000
bawang pre
¼ kg
5000
Merica
½ ons
9000
kemiri
1 ons
4000
Jahe
-
1000
Kunir
-
1000
Garam
1
2000
Penyedap rasa
2
1000
Jumlah
86.000,-

4.      Bahan Untuk Menyajikan
Tempat sambal 2 @6000                                     12.000
Tempat sendok 1                                      5000
Tempat tisu 2 @5000                               10.000
Tisu  2 @2000                                           4000
Saos botol  2 @6000                                 12.000
kecap botol  1                                           10000
Mie burung dara 1 bal                              28500
Kol 1 kilo                                                   11000
Cabe 1 kg                                                  50000
Seladri 1/4kg                                             5000
Bawang goreng 1                                      6000
kelapa muda 15 biji @8000                      120.000
Gula 1 kg                                                   15000
Es batu 10 biji @500                                 5000
termos besar 1                                          100.000
Tempat gula 1                                           10000
teko besar 1                                              15.000
Gelas 1 lusin                                              50.000
Sendok kecil 1 lusin                                   15000
Kerok  isi kelapa muda 1                          5000
Jumlah =                                                    489.000,-
Jumlah Biaya yang Diperlukan
1)      Biaya peralatan                                              1.340.000,-
2)      Biaya pembutan pentol                                  317.000,-
3)      Biaya pembuatan kuah                                   86.000,-
4)      Biaya untuk menyajikan                                 489.000,-
5)      Biaya transport                                               300.000,-
6)      Biaya dekor dan promosi                                250.000,-
7)      Biaya tak terduga                                           250.000,-
Jumlah biaya total yang diperlukan                     3.032.000,-                             

LAMPIRAN 1
1.     Biodata ketua kelompok
Nama lengkap                         : Widarti
Nama panggilan                     : Wida
Tempat, tanggal lahir             : Mojokerto, 15 Jnauari 1994
Status                                      : Belum menikah
Pekerjaan                                : Mahasiswi
Program studi                         : Pendidikan Bahasa Mandarin
NIM                                         : 12020774020
Institusi Pendidikan                 : Universitas Negeri Surabaya
Nomor telepon seluler            : 0857.4848.9923
Alamat asal                             : Desa Brayublandong, Dawarblandong.Mojokerto
Alamat sekarang                     : Lidah Wetan gg 3 No.69 Lakarsantri Surabaya
Email                                       : widarti43@yahoo.com
Jabatan                                    : Menejer Umum
Deskripsi pekerjaan                : memegang keputusan utama usaha, mengurus dan
  menangani masalah rutin dalam usaha.
2.     Biodata anggota kelompok
a.    Nama lengkap                         : Fani Puspita utami
Nama panggilan                     : Fani
Tempat, tanggal lahir             : Sampang, 23 April 1994
Status                                      : Belum menikah
Pekerjaan                                : Mahasiswi
Program studi                         : Sastra Inggris
NIM                                         : 12020084220
Institusi Pendidikan                 : Universitas Negeri Surabaya
Nomor telepon seluler            : 0857.9934.0047
Alamat asal                             : Sampang, Madura
Alamat sekarang                     : Lidah Wetan gg 3A Lakarsantri Surabaya
Email                                       : Faniutami@gmail.com
Jabatan                                    : Staff keuangan
Deskripsi pekerjaan                : mengatur semua urusan yang berkaitan dengan
  keuangan usaha

b.    Nama lengkap                         : Ghalant Reenata
Nama panggilan                     : Ghalant
Tempat, tanggal lahir             : Ponorogo, 05 November 1993
Status                                      : Belum menikah
Pekerjaan                                : Mahasiswi
Program studi                         : Pendidikan Bahasa Jawa
NIM                                         : 12020114050
Institusi Pendidikan                 : Universitas Negeri Surabaya
Nomor telepon seluler            : 0896.6594.5945
Alamat asal                             : Ponorogo.Jawa Timur
Alamat sekarang                     : Lidah Wetan gg 5 Lakarsantri Surabaya
Email                                       : Kojiroyouga@yahoo.com
Jabatan                                    : Staff Produksi
Deskripsi pekerjaan                : bertanggungjawab atas semua kegiatan produksi

c.    Nama lengkap                         : M. Bagus Budianto
Nama panggilan                     : Bagus
Tempat, tanggal lahir             : Surabaya, 17 Juni 1993
Status                                      : Belum menikah
Pekerjaan                                : Mahasiswi
Program studi                         : Pendidikan Teknik Elektro
NIM                                         : 12050514210
Institusi Pendidikan                 : Universitas Negeri Surabaya
Nomor telepon seluler            : 0852.3510.8380
Alamat asal                             : laban. lakarsantri. Surabaya
Alamat sekarang                     : laban. lakarsantri. Surabaya
Email                                       : Ucihabagus@gmail.com
Jabatan                                    : Staff Marketting
Deskripsi pekerjaan                : bertanggung jawab dengan hal yang berkaitan
  dengan pemasaran
LAMPIRAN 3
BISNIS MODEL CANVAS (BMC)
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar