PENGEMBANGAN
APLIKASI “LÜXI” BERBASIS SMARTPHONE ANDROID UNTUK PENGUASAAN KOSAKATA BAHASA MANDARIN SISWA
KELAS
XII-IBB
1 SMAN 1 DRIYOREJO GRESIK
Widarti
Jurusan Bahasa dan Sastra Mandarin, Fakultas Bahasa
dan Seni, Universitas Negeri Surabaya
Widarti43@yahoo.com
Abstrak
Penelitian ini bertujuan
untuk: 1) mengembangkan media pembelajaran berupa aplikasi berbasis smartphone android untuk penguasaan
kosakata bahasa Mandarin siswa kelas XII IBB 1 SMAN 1 Driyorejo Gresik, 2)
mendeskripsikan kualitas aplikasi yang dikembangkan berdasarkan 3 aspek yaitu:
(1) aspek kevalidan berdasarkan hasil penilaian validator yaitu ahli materi,
ahli media, dan guru bahasa Mandarin, (2) aspek keefektifan berdasarkan nilai pretest-posttest siswa kelas XII-IBB 1
SMAN 1 Driyorejo Gresik, (3) aspek kepraktisan berdasarkan respon siswa kelas
XII-IBB 1 SMAN 1 Driyorejo Gresik terhadap aplikasi yang dikembangkan.
Penelitian ini termasuk penelitian dan
pengembangan atau Research and
Development (R&D). Model pengembangan yang digunakan adalah Research and Development (R&D) oleh
Sugiyono (2010) yang hanya dibatasi sampai pada tahap revisi (2) produk setelah
aplikasi diujicobakan kepada siswa kelas XII-IBB 1 SMAN 1 Driyorejo Gresik dan
tidak dilanjutkan pada tahap produksi massal karena keterbatasan waktu, tenaga
dan biaya. Instrumen penelitian yang digunakan berupa angket berbentuk checklist menggunakan skala likert
dengan 4 alternatif jawaban. Data yang diolah dalam penelitian ini adalah angka
penilaian aplikasi dari ahli materi, ahli media, guru bahasa Mandarin, peer reviewer, dan siswa kelas XII-IBB 1
SMAN 1 Driyorejo Gresik yang dianalisis secara deskriptif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1)
dikembangkan media pembelajaran berupa aplikasi “Lüxi” berbasis smartphone android untuk penguasaan
kosakata bahasa Mandarin siswa kelas XII IBB 1 SMAN 1 Driyorejo Gresik, 2)
kualitas aplikasi “Lüxi” berdasarkan aspek keefektifan yaitu penilaian ahli
media adalah
%
(sangat kuat), ahli materi adalah
%
(sangat kuat), guru bahasa Mandarin kelas XII IBB 1 SMAN 1 Driyorejo Gresik
adalah
(sangat kuat), dan peer reviwer adalah
(sangat kuat). Berdasarkan aspek keefektifan
diketahui bahwa aplikasi “Lüxi” mampu meningkatkan nilai rata-rata siswa kelas
XII IBB 1 SMAN 1 Driyorejo. Nilai rata-rata siswa kelas XII-IBB 1 SMAN 1
Driyorejo Gresik sebelum aplikasi “Lüxi” diujicobakan atau pada saat pretest adalah 43,05, sedangkan nilai
rata-rata siswa kelas XII-IBB 1 SMAN 1 Driyorejo Gresik pada saat postest adalah 81,75. Selisih antara
nilai postest dan pretest seluruh siswa siswa kelas
XII-IBB 1 SMAN 1 Driyorejo Gresik adalah 38.7 dengan t-signifikasi sebesar
.
Aspek kepraktisan berdasarkan respon siswa kelas XII-IBB 1 SMAN 1 Driyorejo
Gresik diketahui bahwa kualitas aplikasi “Lüxi” yang telah dikembangkan
mendapat respon yang positif dari siswa. Penilaian siswa kelas XII-IBB 1 SMAN 1
Driyorejo Gresik terhadap aplikasi “Lüxi” adalah 90% (sangat kuat) sehingga
aplikasi “Lüxi” layak untuk digunakan sebagai media pembelajaran bahasa
Mandarin.
Kata Kunci: aplikasi
“Lüxi”, android, kosakata, bahasa Mandarin
Abstract
This research aims to:
1) develop learning media with app-based android smartphone for mastery Chinese vocabulary students of class XII IBB 1 SMAN 1 Driyorejo Gresik, 2) describe the quality of the application developed
based on three aspects: (1) the aspect of validity based on assessment result
subject validator, media validator, and Chinese teacher, (2) the aspect of effectiveness
based on the value pretest-posttest students of class XII-IBB 1 SMAN 1
Driyorejo Gresik, (3) the aspect of practicality based on the responses of
students class XII-IBB 1 SMAN 1 Driyorejo Gresik of the developed application.
This research
included in research and development or commonly called Research and
Development (R & D). The development model used is a Research and
Development (R & D) model by Sugiyono (2010), which is limited to revision
(2) product stage after application tested to class XII student-IBB
1 SMAN 1 Driyorejo Gresik and not resumed at the mass production stage, Assessment
instruments used eith checklist questionnaire using Likert scale with
four alternative answers. Data are processed in this research is the number of application assessment
of subject validator, media validator, Chinese teacher, peer reviewers, and the students
of class XII-IBB 1 SMAN 1 Gresik Driyorejo with descriptively analyzed.
The results
showed that 1) has been developed learning media in the form of
"Luxi" application based android smartphone to mastery Chinese vocabulary students of class XII IBB 1
SMAN 1 Driyorejo Gresik, 2) quality of the "Luxi" application based
on aspects of effectiveness is an expert assessment of media validator was 89,
47% (very strong), a subject validator is 89.70% (very strong), Chinese teacher of class XII IBB 1 SMAN 1 Driyorejo Gresik is 94.44% (very strong), and peer
reviwers is 96.57% (very strong). Based on effectiveness aspects that the
"Luxi" application able to increase the average value of the students
class XII IBB 1 SMAN 1 Driyorejo Gresik. The average value of class XII
student-IBB 1 SMAN 1 Driyorejo Gresik before application "Luxi"
tested or when the pretest was 43.05, while the average value of class XII
student-IBB 1 SMAN 1 Driyorejo Gresik when posttest was 81, 75. The difference
between the posttest and pretest all students of class XII -IBB 1 SMAN 1
Driyorejo Gresik was 38.7 with t-significance is 12.07. Aspects of practicality based on
the response of students of class XII-IBB 1 SMAN 1 Driyorejo Gresik known that
the quality of "Luxi" applications which developed has an positive
response from students. Rating students of class XII -IBB 1 SMAN 1 Driyorejo Gresik to the
"Luxi" application was 90% (very strong) so that "Luxi"
applications feasible to be used as a Chinese
learning media.
Keywords: "Luxi" app, android, vocabulary, Chinese
PENDAHULUAN
Semakin pesatnya
perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang ada saat ini berdampak sangat
besar bagi kehidupan manusia. Pendidikan merupakan salah satu bidang yang tidak
dapat terlepas dari perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi. Telepon
genggam atau yang biasa disebut ponsel atau handphone
merupakan salah satu alat komunikasi hasil dari perkembangan ilmu pengetahuan
dan teknologi yang tidak bisa lepas dari kehidupan sehari-hari. Dalam beberapa tahun terakhir muncul istilah smartphone. Smartphone
merupakan sebuah perangkat yang tidak hanya berfungsi sebagai alat komunikasi
jarak jauh melainkan sebagai alat elektronik yang dapat beroperasi layaknya
komputer. Sistem operasi android adalah sistem operasi
milik google yang bersifat open source.
Berdasarkan
praobservasi yang dilakukan pada 2 Februari 2016 di kelas XII-IBB 1 SMAN 1
Driyorejo Gresik yang terdiri atas 23 siswa dan semuanya adalah siswa perempuan
didapatkan hasil bahwa sebanyak 16 dari 23 siswa menggunakan smartphone android. Mayoritas siswa
tersebut memanfaatkan smartphone
untuk membuka aplikasi sosial media Berdasarkan hasil wawancara yang dilakukan
pada 2 Februari 2016 dengan 3 siswa kelas XII-IBB 1 SMAN 1 Driyorejo Gresik
diperoleh hasil bahwa smartphone
android yang dimiliki siswa berpotensi untuk bisa dimanfaatkan sebagai media
pembelajaran yang efektif. Media pembelajaran sangatlah diperlukan dalam proses
pembelajaran termasuk dalam pembelajaran bahasa asing seperti bahasa
Mandarin.Adapun cakupan materi yang harus dipelajari siswa kelas XII-IBB 1 SMAN 1 Driyorejo Gresik di setiap tema pada
mata pelajaran Bahasa Mandarin termasuk pada tema wisata meliputi kosakata,
wacana atau teks, dan tata bahasa.Kosakata merupakan hal yang cukup penting
dalam mempelajari suatu bahasa.
Berdasarkan
wawancara yang dilakukan pada 2 Februari 2016 dengan guru mata pelajaran bahasa
Mandarin dan 3 siswa kelas XII-IBB 1 SMAN 1 Driyorejo Gresik diperoleh hasil
bahwa guru Bahasa Mandarin masih menggunakan media pembelajaran yang sederhana
dalam proses pembelajaran. Media pembelajaran yang
dimaksud adalah power point, sehingga
siswa kelas XII-IBB 1 SMAN 1 Driyorejo Gresik mudah merasa bosan ketika belajar
bahasa Mandarin. Dengan adanya potensi smartphone
yang dimiliki siswa, maka perlu adanya pengembangan media pembelajaran bahasa
Mandarin berupa aplikasi dengan memanfaatkan
smartphone android agar pembelajaran bahasa Mandarin tidak monoton.
Berdasarkan latar
belakang tersebut, maka dirumuskan judul penelitian “Pengembangan Aplikasi
“Lüxi” Berbasis Smartphone Android
untuk Penguasaan Kosakata Bahasa Mandarin Siswa Kelas XII-IBB 1 SMAN 1
Driyorejo Gresik“. Harapan dari penelitian ini adalah dapat ditemukannya media
pembelajaran bahasa Mandarin yang efisien, efektif, dan menarik dengan
mengembangkan aplikasi “Lüxi” berbasis smartphone
android sehingga siswa kelas XII-IBB 1 SMAN 1 Driyorejo Gresik lebih terpacu
untuk belajar bahasa Mandarin di manapun dan kapanpun. Aplikasi yang telah
dikembangkan nanti diharapkan mampu menjadi sarana dan media belajar yang mudah
dan dapat membantu siswa kelas XII-IBB 1 SMAN 1 Driyorejo Gresik untuk belajar
kosakata bahasa Mandarin mengenai tempat wisata, kuliner, kesenian, dan
cinderamata chas dari China.
Berdasarkan latar
belakang di atas, dapat disimpulkan rumusan masalah yaitu :
1.
Bagaimana proses
pengembangan aplikasi “Lüxi” berbasis smartphone
android untuk penguasaan
kosakata Bahasa Mandarin siswa
kelas XII-IBB 1 SMAN 1
Driyorejo Gresik?
2.
Bagaimana kualitas
aplikasi “Lüxi” berbasis smartphone
android untuk penguasaan kosakata Bahasa Mandarin siswa kelas XII-IBB 1 SMAN 1
Driyorejo Gresik yang telah dikembangkan, meliputi:
a.
Aspek kevalidan
berdasarkan hasil penilaian validator yaitu ahli materi, ahli media, dan guru
bahasa Mandarin.
b.
Aspek keefektifan
berdasarkan nilai pretest-posttest
siswa kelas XII-IBB 1 SMAN 1 Driyorejo Gresik.
c.
Aspek kepraktisan
berdasarkan respon siswa kelas XII-IBB 1 SMAN 1
Driyorejo Gresik terhadap aplikasi yang dikembangkan.
Merujuk pada latar
belakang dan rumusan masalah, adapun tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian
ini yaitu:
1.
Menjabarkan proses
pengembangan aplikasi “Lüxi” berbasis smartphone
android untuk penguasaan
kosakata Bahasa Mandarin siswa
kelas XII-IBB 1 SMAN 1
Driyorejo Gresik.
2.
Mendeskripsikan
kualitas aplikasi “Lüxi” berbasis smartphone
android untuk penguasaan kosakata Bahasa Mandarin siswa kelas XII-IBB 1 SMAN 1
Driyorejo Gresik yang telah dikembangkan, meliputi:
a.
Aspek kevalidan
berdasarkan hasil penilaian validator yaitu ahli materi, ahli media, dan guru
mata pelajaran Bahasa Mandarin.
b.
Aspek keefektifan
berdasarkan nilai pretest-posttest
siswa kelas XII-IBB 1 SMAN 1 Driyorejo Gresik.
c.
Aspek kepraktisan berdasarkan respon siswa kelas
XII-IBB 1 SMAN 1 Driyorejo Gresik
terhadap aplikasi yang dikembangkan.
Agar tidak menimbulkan
perbedaan pengertian, perlu ada penjelasan istilah yang digunakan dalam
penelitian ini.
1.
Media pembelajaran:
sarana komunikasi berupa aplikasi “Lüxi” berbasis smartphone android untuk penguasaan kosakata Bahasa Mandarin siswa
kelas XII-IBB 1 SMAN 1 Driyorejo Gresik sehingga proses pembelajaran Bahasa
Mandarin akan berjalan dengan efisien dan efektif.
2.
Aplikasi: sebuah
perangkat lunak yang dikembangkan bernama “Lüxi” pada smartphone android untuk memenuhi kebutuhan siswa kelas XII-IBB 1
SMAN 1 Driyorejo Gresik pada proses pembelajaran Bahasa Mandarin khususnya
terkait penguasaan kosakata Bahasa Mandarin pada tema wisata.
3.
Smartphone android:
sebuah perangkat elektronik (dalam hal ini handphone)
yang dapat beroperasi seperti komputer karena menggunakan Operating System (OS) milik google yang
bersifat open source (kode
sumbernya bersifat terbuka), sehingga
peneliti dapat dengan bebas mengembangkan aplikasi “Lüxi” untuk penguasaan kosakata Bahasa Mandarin siswa
kelas XII-IBB 1 SMAN 1 Driyorejo Gresik
sesuai kebutuhan penelitian.
4.
Wisata China: China
memiliki banyak objek pariwisata terkenal. Kota-kota di China yang memiliki
tempat wisata terkenal adalah Beijing, Nanjing, Hangzhou, Shanghai, Guangzhou,
Hongkong, Macao, dan Suzhou.
5.
Kuliner: hasil
olahan yang bisa berupa masakan dan minuman. Adapun 4 kuliner terkenal dari
China yaitu teh, pangsit, bebek peking, dan kue bulan.
6.
Kesenian: bagian
dari budaya suatu masyarakat. Adapun 4 macam kesenian paling terkenal dari
China yaitu opera beijing, kaligrafi china, seni menggunting kertas, dan
barongsai.
7.
Cinderamata:
oleh-oleh atau souvenir khas dari
suatu daerah. adapun 7 macam cinderamata khas dari China yaitu porselin, kipas, layang-layang, sutera, lampion, pakaian tradisional China , dan sumpit.
8.
Kosakata: komponen
bahasa yang memuat informasi tentang makna dan pemakaian kata dalam bahasa. Kosakata yang terdapat dalam aplikasi “Lüxi” adalah
kosakata mengenai tema wisata yang berjumlah 30 kata dan disertai dengan contoh
kalimat.
9.
Proses
pengembangan: langkah-langkah yang digunakan untuk mengembangkan dan mengukur
kualitas media pembelajaran Bahasa Mandarin berupa aplikasi “Lüxi” berbasis smartphone android ditinjau dari aspek
kevalidan, keefektifan dan kepraktisan sebelum media diujicobakan kepada siswa
kelas XII-IBB 1 SMAN 1 Driyorejo Gresik.
10.
Kevalidan: media
pembelajaran berupa aplikasi “Lüxi” berbasis smartphone untuk penguasaan kosakata Bahasa Mandarin dikatakan
valid apabila hasil penilaian validator menyatakan bahwa aplikasi “Lüxi” yang
dikembangkan valid dengan revisi atau tanpa revisi, sehingga aplikasi layak
untuk diujicobakan kepada siswa kelas XII-IBB 1 SMAN 1 Driyorejo Gresik.
11.
Keefektifan: media
pembelajaran berupa aplikasi “Lüxi” berbasis smartphone android untuk penguasaan kosakata Bahasa Mandarin
dikatakan efektif apabila aplikasi yang dikembangkan memberikan hasil positif
yang ditunjukkan oleh peningkatan nilai pretest
dan postest siswa kelas XII-IBB 1
SMAN 1 Driyorejo Gresik.
12.
Kepraktisan: media
pembelajaran berupa aplikasi “Lüxi” berbasis smartphone untuk penguasaan kosakata Bahasa Mandarin dikatakan
praktis apabila siswa kelas XII-IBB 1 SMAN 1 Driyorejo Gresik menyatakan bahwa
aplikasi “Lüxi” yang dikembangkan dapat dengan mudah dipakai dan diterapkan,
serta bermanfaat bagi siswa kelas XII-IBB 1 SMAN 1 Driyorejo Gresik.
METODE
Jenis penelitian ini
adalah penelitian dan pengembangan atau yang biasa disebut Research and Development (R&D). Menurut Sugiyono (2012:407) Research
and Development (R&D) adalah metode penelitian yang digunakan untuk
menghasilkan produk dan menguji keefektifan produk tersebut. Penelitian ini
akan mengembangkan media pembelajaran berupa aplikasi “Lüxi” berbasis smartphone android untuk penguasaan
kosakata Bahasa Mandarin siswa kelas XII-IBB 1 SMAN 1 Driyorejo Gresik.
Model pengembangan yang
digunakan dalam penelitian ini menggunakan model pengembangan Research and Development (R&D) oleh
Sugiyono (2010). Alasan penggunaan model pengembangan tersebut karena model
pengembangan Research and Development (R&D)
adalah model pengembangan baru yang dianggap paling mudah untuk diikuti oleh
peneliti. Pengembangan media pembelajaran berbentuk aplikasi “Lüxi”
Subjek Ujicoba dalam
penelitian ini adalah siswa kelas XII-IBB 1 SMAN 1 Driyorejo Gresik yang
terdiri atas 23 siswa dan semuanya adalah siswa perempuan.
Penelitian
pengembangan ini tidak dilanjutkan pada tahap produksi massal. berbasis smartphone android untuk penguasaan
kosakata Bahasa Mandarin ini hanya dibatasi pada tahap revisi (2) produk
setelah media pembelajaran diujicobakan kepada siswa kelas XII-IBB 1 SMAN 1
Driyorejo Gresik karena keterbatasan waktu, biaya, dan tenaga.
Penelitian pengembangan
media pembelajaran berupa aplikasi “Lüxi” berbasis smartphone android untuk penguasaan kosakata Bahasa Mandarin ini
dilaksanakan di SMAN 1 Driyorejo Gresik yang beralamat di Jl. Raya Tenaru Driyorejo, Kabupaten Gresik.
Penelitian akan dilaksanakan meliputi tahap persiapan pada Januari 2016 dan
tahap pelaksanaan penelitian dan pelaporan pada Februari-Mei 2016.
Teknik pengumpulan data
merupakan langkah dalam penelitian yang bertujuan untuk mendapatkan data. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam
penelitian ini yaitu teknik kuisioner, tes, dan observasi. Instrumen
pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini berupa lembar kuesioner
(angket), soal tes, dan lembar observasi. Teknik analisis data yang dilakukan
menggunakan teknik deskriptif persentase.
HASIL
DAN PEMBAHASAN
Media pembelajaran berupa aplikasi “Lüxi” berbasis smartphone android untuk penguasaan kosakata bahasa Mandarin siswa
kelas XII IBB 1 SMAN 1 Driyorejo Gresik dikembangkan dengan menggunakan model
pengembangan Research and Development (R&D)
oleh Sugiyono (2010) dengan tahapan yaitu pengumpulan potensi dan masalah,
pengumpulan data, desain produk, validasi desain, revisi desain, uji coba
produk, revisi (1) produk, uji coba pemakaian, revisi (2) produk, dan produksi
masal, tetapi pada penelitian ini hanya dibatasi sampai pada tahap revisi (2)
produk setelah aplikasi “Lüxi” diujicobakan kepada 20 siswa kelas XII-IBB 1
SMAN 1 Driyorejo Gresik dan tidak sampai dilanjutkan pada tahap produksi massal
karena keterbatasan waktu, tenaga, dan biaya.
Kualitas
aplikasi “Lüxi” berbasis smartphone
android untuk penguasaan kosakata Bahasa Mandarin siswa kelas XII-IBB 1 SMAN 1
Driyorejo Gresik yang telah dikembangkan meliputi 3 aspek yaitu aspek
kevalidan, aspek keefektifan, dan aspek kepraktisan. Berikut adalah rincian
kualitas aplikasi “Lüxi” berdasarkan 3
aspek yaitu:
a.
Aspek kevalidan yaitu
berdasarkan penilaian validator. Validator yang digunakan dalam penelitian ini
adalah ahli media, ahli materi, dan
guru bahasa Mandarin kelas XII IBB 1 SMAN 1
Driyorejo Gresik. Hasil penilaian
dari ahli media adalah
%
sehingga termasuk dalam kategori sangat
kuat, ahli materi adalah
%
sehingga termasuk dalam kategori sangat
kuat, dan guru bahasa Mandarin
kelas XII IBB 1 SMAN 1 Driyorejo Gresik adalah
sehingga
termasuk dalam kategori sangat kuat. Penilaian dari peer reviwer sebelum aplikasi “Lüxi”
berbasis smartphone android
diujicobakan adalah
sehingga termasuk dalam kategori
sangat kuat sehingga dapat disimpulkan bahwa aplikasi “Lüxi” sangat layak untuk
digunakan sebagai media pembelajaran bahasa Mandarin.
b.
Aspek keefektifan
yaitu berdasarkan nilai pretest dan
postest siswa
kelas XII-IBB 1 SMAN 1 Driyorejo Gresik.
Berdasarkan hasil perhitungan nilai pretest dan
postest dapat diketahui bahwa aplikasi “Lüxi” mampu
meningkatkan nilai rata-rata siswa kelas XII IBB 1 SMAN 1 Driyorejo. Nilai
rata-rata siswa kelas XII-IBB 1 SMAN 1 Driyorejo Gresik sebelum aplikasi “Lüxi”
diujicobakan atau pada saat pretest
adalah 43,05, sedangkan nilai rata-rata siswa kelas XII-IBB 1 SMAN 1 Driyorejo
Gresik pada saat postest adalah
81,75. Selisih antara nilai postest dan pretest
seluruh siswa siswa kelas XII-IBB 1 SMAN 1 Driyorejo Gresik adalah 38.7 dengan t-signifikasi sebesar
.
Hal tersebut menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara nilai pretest dan postest siswa kelas XII-IBB 1 SMAN 1 Driyorejo Gresik. Berdasarkan hal tersebut dapat disimpulkan
bahwa penggunaan aplikasi “Lüxi” berbasis smartphone
android efektif dalam pembelajaran penguasaan kosakata bahasa Mandarin sehingga layak untuk digunakan sebagai media
pembelajaran bahasa Mandarin.
c.
Aspek kepraktisan
yaitu berdasarkan respon siswa kelas XII-IBB 1 SMAN 1 Driyorejo Gresik terhadap
aplikasi “Lüxi”. Berdasarkan perhitungan penilaian siswa kelas XII-IBB 1 SMAN 1
Driyorejo Gresik terhadap aplikasi “Lüxi” yang telah dikembangkan dapat
diketahui bahwa kualitas aplikasi “Lüxi” yang telah dikembangkan mendapat
respon yang positif dari siswa. Penilaian siswa kelas XII-IBB 1 SMAN 1
Driyorejo Gresik terhadap aplikasi “Lüxi” adalah 90% dan termasuk dalam
kategori sangat kuat sehingga aplikasi “Lüxi” layak untuk digunakan sebagai
media pembelajaran bahasa Mandarin.
Berdasarkan hasil pengamatan yang sudah dilakukan oleh 2
pengamat yaitu Sonya Kirana Pratiwi,
S.Pd. guru Mata Pelajaran Bahasa Mandarin kelas kelas XII-IBB 1 SMAN 1
Driyorejo Gresik sebagai Obsever 1
(O1) dan (2) Julia Nirmala, mahasiswa
Jurusan Bahasa dan Sastra Mandarin Universitas Negeri Surabaya sebagai Observer 2. Berdasarkan
hasil
pengamatan yang sudah dilakukan oleh 2 pengamat, secara
keseluruhan skor yang diperoleh adalah 86 dengan skor maksimal 100. Apabila
dihitung dengan persentase, maka persentase hasil pengamatan adalah 86%. Berdasarkan kriteria interpretasi skor oleh Riduwan (2013:15) maka
aplikasi “Lüxi” yang dikembangkan termasuk dalam kategori sangat kuat sehingga
aplikasi “Lüxi” sangat layak digunakan sebagai media pembelajaran bahasa
Mandarin.
PENUTUP
Simpulan
1.
Dikembangkan media
pembelajaran berupa aplikasi “Lüxi” berbasis smartphone android untuk penguasaan kosakata bahasa Mandarin siswa
kelas XII IBB 1 SMAN 1 Driyorejo Gresik dengan menggunakan model pengembangan Research and Development (R&D) oleh
Sugiyono (2010) dengan tahapan yaitu pengumpulan potensi dan masalah,
pengumpulan data, desain produk, validasi desain, revisi desain, uji coba
produk, revisi (1) produk, uji coba pemakaian,
revisi (2) produk, dan produksi masal,
tetapi pada penelitian ini hanya dibatasi sampai pada tahap revisi (2) produk
setelah aplikasi “Lüxi” diujicobakan kepada 20 siswa kelas XII-IBB 1 SMAN 1
Driyorejo Gresik dan tidak sampai dilanjutkan pada tahap produksi massal karena
keterbatasan waktu, tenaga, dan biaya.
2.
Kualitas aplikasi
“Lüxi” yang telah dikembangkan adalah sebagai berikut:
a.
Aspek kevalidan
berdasarkan penilaian ahli media adalah
% (sangat kuat), ahli materi adalah
% (sangat kuat), guru mata pelajaran bahasa Mandarin kelas XII IBB 1 SMAN 1
Driyorejo Gresik adalah
(sangat kuat), dan peer reviwer adalah
(sangat kuat).
b.
Aspek keefektifan
diketahui bahwa aplikasi “Lüxi” mampu meningkatkan nilai rata-rata siswa kelas
XII IBB 1 SMAN 1 Driyorejo. Nilai rata-rata siswa kelas XII-IBB 1 SMAN 1
Driyorejo Gresik sebelum aplikasi “Lüxi” diujicobakan atau pada saat pretest adalah 43,05, sedangkan nilai
rata-rata siswa kelas XII-IBB 1 SMAN 1 Driyorejo Gresik pada saat posttest adalah 81,75. Selisih
antara nilai posttest
dan pretest seluruh
c.
siswa siswa kelas
XII-IBB 1 SMAN 1 Driyorejo Gresik adalah 38.7 dengan t-signifikasi sebesar
.
d.
Aspek kepraktisan
berdasarkan respon siswa kelas XII-IBB 1 SMAN 1 Driyorejo Gresik diketahui
bahwa aplikasi “Lüxi” yang telah dikembangkan mendapat respon yang positif dari
siswa. Penilaian siswa kelas XII-IBB 1 SMAN 1 Driyorejo Gresik terhadap
aplikasi “Lüxi” adalah 90% (sangat kuat) sehingga aplikasi “Lüxi” layak
digunakan sebagai media pembelajaran bahasa Mandarin.
Saran
Berdasarkan
pembahasan mengenai pengembangan media pembelajaran berupa aplikasi “Lüxi”
berbasis smartphone android yang
sudah dipaparkan sebelumnya, peneliti dapat memberikan beberapa saran
pemanfaatan dan pengembangan aplikasi “Lüxi” sebagai berikut:
1.
Bagi guru mata pelajaran Bahasa Mandarin:
Guru mata pelajaran bahasa Mandarin bisa menggunakan aplikasi “Lüxi” yang
telah dikembangkan sebagai referensi media pembelajaran bahasa Mandarin yang
praktis dan efektif terutama untuk belajar kosakata bahasa Mandarin mengenai
tempat wisata, kuliner, kesenian, dan cindermata khas dari China.
2. Bagi siswa:
Siswa bisa menggunakan aplikasi “Lüxi” yang telah dikembangkan sebagi media
pembelajaran bahasa Mandarin yang praktis dan fleksibel yang bisa digunakan
secara mandiri untuk belajar kosakata bahasa Mandarin mengenai tempat wisata,
kuliner, kesenian, dan cindermata khas dari China sehingga siswa bisa menambah
wawasan dan pengetahuannya.
3. Bagi peneliti
selanjutnya:
a. Aplikasi “Lüxi” perlu dikembangkan lebih lanjut pada
konten aplikasi dengan menambahkan efek suara, animasi bergerak atau video agar
aplikasi “Lüxi” menjadi semakin menarik.
b. Aplikasi “Lüxi” berbasis smartphone android perlu dikembangkan lebih lanjut dari segi platform smartphone yang digunakan. Aplikasi ini sebaiknya dapat di-instal
di beberapa platform smartphone yang lain seperti i-Phone, Windows Phone, dan Blackberry.
c. Aplikasi “Lüxi” perlu dikembangkan dengan
mengkombinasikan tema yang lain, tidak hanya terfokus pada tema wisata,
sehingga aplikasi “Lüxi” bisa memuat materi yang lebih luas.
d. Untuk penelitian selanjutnya, sebaiknya aplikasi “Lüxi”
diujicobakan lebih luas. Ujicoba pemakaian aplikasi “Lüxi” tidak hanya
dilakukan di satu sekolah dan satu kelas saja tetapi juga di beberapa sekolah
yang terdapat mata pelajaran bahasa Mandarin.
DAFTAR PUSTAKA
Arikunto,
Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian :
Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta:Rineka Cipta
Arsyad,Azhar.2013.
Media Pembelajaran: Edisi Revisi. Jakarta:Rajawali Press
Hermawan,Stephanus.2011.Mudah Membuat Aplikasi Android.
Yogyakart:ANDI
Munadi,
Yudhi. 2013. Media Pembelajaran : Sebuah
Pendekatan Baru. Jakarta : Referensi
Oktiana,
Gian Dwi. 2015. “Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Android dalam Bentuk
Buku Saku Digital untuk Mata Pelajaran Akuntasnsi Kompetensi Dasar Membuat
Ikhtisar Siklus Akuntansi Perusahaan Jasa di Kelas XI MAN 1 Yogyakarta Tahun
Ajaran 2014/2015”. Skripsi tidak diterbitkan (online). Yogyakarta:Jurusan
Pendidikan Akuntansi Universitas Negeri Yogyakarta
Prariyadi,
Jody. 2014. “Pengembangan Aplikasi Mobile
Learning Fisika Berbasis Smartphone
Android pada Pokok Bahasan Keteraturan Gerak Planet sebagai Sarana untuk
Memfasilitasi Kemampuan Analisis Peserta Didik Kelas XI SMA”. Skripsi tidak diterbitkan (online). Yogyakarta:Prodi Pendidikan
Fisika UIN Sunan Kallijaga
Riduwan.2015.
Skala Pengukuran Variabel-variabel
Penelitian. Bandung: Alfabeta
Safaat,
Nazrudin. 2012. Android: Pemrograman
Aplikasi Mobile Smartphone dan Tablet PC Berbasis Android. Bandung:
Informatika
Sambodo,
Rizki Agung. 2014. “Pengembangan Media Pembelajaran Mobile Learning
(M-Learning) Berbasis Android untuk Siswa Kelas XI SMA / MA”. Skripsi tidak
diterbitkan (online). Yogyakarta: Prodi Pendidikan Biologi UIN Sunan Kallijaga
Satyaputra,
Alfa dan Eva Maulina Aritonang. 2014. Beginning
Android Programming With ADT Bundle. Jakarta: Kompas Gramedia
Sugiyono.
2010. Metode Penelitian Pendidikan :
Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung: Alfabeta
Sulistyo,
Asmania Rizki Nurjanah. 2015. “Pengembangan Kamus Elektronik Bergambar untuk
Pembelajaran Kosakata Bahasa Mandarin bagi Siswa Kelas XI Akuntansi-1 SMK
Prapanca Surabaya”. Skripsi tidak
diterbitkan.Surabaya:Prodi Pendidikan Bahasa Mandarin Universitas Negeri
Surabaya
Suparto.
2003. Tata Bahasa Mandarin itu Mudah.
Jakarta:Puspa Swara
Tarigan,
Henry Guntur. 2011. Pengajaran Kosakata.
Bandung:Angkasa
Zurroh,
Ana Silviana. 2016. “Pengembangan LKS Bergambar untuk Penguasaan Kosakata
Bahasa Mandarin Siswa Kelas VII SMP”.
Skripsi tidak diterbitkan.Surabaya:Prodi Pendidikan Bahasa Mandarin Universitas
Negeri Surabaya
刘泽彭,2006, 《中国地理常识:中英对照》, 北京:高等教育出版社
mba, maaf sebelumnya, boleh minta kontaknya? saya melakukan skripai dengan dasar yang sama yaitu pengembangan aplikasi. kalau boleh saya mau tanya-tanya beberapa hal. terima kasih sebelumnya.
BalasHapus