Rabu, 14 September 2016

Contoh RPP BAHASA MANDARIN



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
NAMA SEKOLAH                            : SMA NEGERI 1 DRIYOREJO
MATA PELAJARAN                        : Bahasa Mandarin
KURIKULUM                                     : Kurikulum 2013
KELAS/SEMESTER                         : XII-IBB 1/ II
TEMA                                                   : Wisata (旅游lǚyóu)
ALOKASI WAKTU                           : 2 x 2 Jam Pelajaran (1 JP = 45 menit)

A.      Kompetensi Inti
1.       Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya
2.       Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (tolerasi, gotong royong), antusias, kreatif, santun, percaya diri, bekerja sama dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
3.       Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
4.       Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan,mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori.

B.      Kopetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kopetensi
No
Kopetensi Dasar
Indikator Pencapaian Kopetensi
3
3.3     Memahami unsur kebahasaan, struktur teks dan unsur budaya terkait  topik wisata (旅游lǚyóu) yang sesuai konteks penggunaannya.

3.3.1      Mencocokkan bunyi hanyu pinyin (shengmu, yinmu, shengdiao) dan hanzi mengenai kosakata dalam tema wisata.
3.3.2      Menyusun kalimat yang benar dalam bahasa Mandarin terkait tema dengan menggunakan  kata.
3.3.3      Menyebutkan nama tempat wisata di China dan ciri khas produk berupa makanan, minuman, dan pertunjukan seni dari masing-masing tempat wisata tersebut










C.      Tujuan Pembelajaran
a.       Mendengarkan
Siswa mampu mencocokkan bunyi dan lafal hanyu pinyin mengenai kosakata pada tema wisata yang telah dibacakan oleh guru dengan tepat.
b.       Berbicara
Siswa mampu menyebutkan nama tempat wisata di China dan ciri khas produk berupa makanan, minuman, dan pertunjukan seni dari masing-masing tempat wisata tersebut setelah dijelaskan guru dengan baik dan benar.
c.        Membaca
Siswa mampu membaca kosakata dan kalimat pada materi wisata yang telah dijelaskan oleh guru dengan baik dan benar.
d.       Menulis
Siswa mampu menyusun kalimat sederhana dalam bahasa Mandarin tentang wisata menggunakan  katasetelah kegiatan diskusi kelas dengan baik dan benar.

D.     Materi Pembelajaran
A.        Kosakata baru
1.      喜欢                       xǐhuān                                 suka
2.                                                                            pergi
3.      玩儿                       wánr                                      bermain
4.      哪里                       nǎlǐ                                       dimana
5.                                  guò                                         pernah
6.      周末                       zhōumò                                akhir pekan
7.      旅行                       lǚxíng                                    wisata, berpergian
8.      参加                       cānjiā                                    mengikuti
9.      附近                       fùjìn                                       di sekitar
10.  一次                       yīcì                                         sekali
11.  污染                       wūrǎn                                   polusi
12.  健康                       jiànkāng                               kesehatan
13.  名胜古迹               míngshèng gǔjī                  tempat wisata
sejarah
14.                              měi                                         indah
15.  无论如何               wúlùn rúhé                         bagaimanapun juga
16.  风景                       fēngjǐng                               pemandangan
17.  北京                       Běijīng                                   Beijing
18.  上海                       Shànghǎi                             Shanghai
19.  澳门                       Àomén                                  Macao
20.  香港                       Xiānggǎng                           Hongkong
21.  长城                       Chángchéng                       Tembok Besar
China
22.  颐和园                   Yíhéyuán                             istana musim panas
23.  故宫                       Gùgōng                                museum kota
terlarang
24.  天坛                       Tiāntán                                 kuil langit
25.  王府井                   Wángfǔ jǐng                       Wang Fujing
26.  天安门                   Tiān'ānmén                        Tian an men
27.  中华门                   Zhōnghuá mén                 Gerbang Zhonghua
28.  夫子庙                   Fūzǐ miào                           Kuil Konfusius  
29.  六和塔                   Liù hé tǎ                               Pagoda Enam
Kedamaian        
30.  妈阁庙                   Mā gé miào                         Kuil Mazu                                          
B.        Teks
去中国旅行
  Zhōngguó lǚxíng

王明                       李丽,你去过了中国吗?
wáng míng          :   Lǐ lì,   nǐ qù guò le Zhōngguó ma?
李丽                       没去过, 你呢?
Lǐ lì                        :   Méi qù guò, nǐ ne?
王明                       :我一次去那儿
Wáng míng         :  Wǒ yīcì qù nà'er
李丽                       :真的吗?你觉得中国怎么样?
lǐ lì                         : Zhēn de ma? Nǐ juédé Zhōngguó zěnme yàng?
王明                       :我觉得中国很美。 在那儿有很多名胜古迹, 比如
   说长城, 颐和园, 故宫, 什么的。
Wáng míng         :  Wǒ juédé Zhōngguó hěn měi. Zài nà'er yǒu
hěnduō míngshèng gǔjī, bǐrú shuō Chángchéng, Yíhéyuán, Gùgōng, shénme de.
李丽                       :哎呀,真有意思。我很想去中国旅行。
Lǐ lì                       : Āiyā, zhēn yǒuyìsi. Wǒ hěn xiǎng qù Zhōngguó lǚ
xíng.
王明                       :北京,上海,广州,香港,和澳门是中国的著名城
市。你得去 那儿玩儿
Wáng míng         : Běijīng, Shànghǎi, Guǎngzhōu, Xiānggǎng, hé
Àomén shì Zhōngguó de zhùmíng chéngshì. Nǐ dé qù nà'er wán
李丽                       :对啊,无论如何我得去中国旅行。
Lǐ lì                       : Duì a, wúlùn rúhé wǒ dé qù zhōngguó lǚxíng.

C.        Tata bahasa
1.       Penggunaan (pernah)
Diletakkan di belakang kata kerja untuk menyatakan kejadian sudah terjadi.

Susunan kalimatnya adalah sebagai berikut:
动词 (kata kerja) + (guo)
 



-          Kalimat tanya
S + V ++O++ 吗?
-          Respon positif :  V++
-          Respon negative: +V+
Contoh: : 你去过北京了吗?
                                ( + )    过了
                ( - )     没去
 Contoh kalimat:
1)       我去过北京
Saya pernah pergi ke Beijing.
2)       他看过这本小说
Saya pernah membaca novel ini.
3)       王明听过了这首歌
Wang Ming pernah mendengar lagu ini.
4)       你学过汉语吗?
Apakah kamu pernah belajar bahasa Mandarin?

E.         Metode Pembelajaran
a.     Ceramah
b.     Demontrasi / pemodelan
c.     Tanya jawab
d.    Presentasi
e.     Diskusi
f.      Penugasan 

F.         Sumber Belajar
Buku teks 学汉语很容易(mudah belajar bahasa mandarin)               
G.     Media Pembelajaran
Papan tulis
Buku teks
Laptop dan Projector
PPT
H.     Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan Pertama
Kegiatan
Deskripsi
Alokasi Waktu
Awal
²  Guru memberi salam dan siswa menjawab salam.
²  Guru melakukan pengecekan persiapan belajar siswa, ruang belajar siswa, dan media yang akan digunakan dalam  proses belajar mengajar.
²  Guru mengajak siswa untuk berdoa.
²  Guru mengabsen kehadiran siswa.
²  Guru mengajak siswa untuk mengulang kembali materi yang telah dipelajari sebelumnya.
²  Guru menyampaikan materi  yang akan diajarkan
20 menit
Inti
l Mengamati
l   Siswa mengamati kosakata yang dibacakan guru sesuai dengan tema
l   Siswa mengamati penjelasan guru mengenai nama tempat wisata di China
l   Siswa mengamati penjelasan guru mengenai ciri khas produk berupa makanan, minuman, dan pertunjukan seni dari masing-masing tempat wisata di China
l   Siswa mengamati cara menulis hanzi sesuai urutan goresan yang sudah dicontohkan oleh guru terkait kosakata dalam tema
l   Siswa mengamati guru yang membaca teks sederhana terkait tema
l   Siswa mengamati penggunaan pada kalimat bahasa Mandarin
l Menanya
l   Siswa menanyakan makna dan  penggunaan kosakata dan struktur kalimat bahasa Mandarin yang terdapat pada teks sederhana

l Mencoba
l   Siswa secara bergantian membaca kosakata yang telah dibacakan guru
l   Siswa secara bergantian membuat kalimat sederhana mengenai kosakata yang telah dipelajari
l   Siswa membuat kalimat sederhana terkait tema
l   Siwa mengumpulkan informasi umum dan/atau rinci yang terdapat  pada teks.
l   Siswa menyimpulkan isi teks
l   Siswa menulis hanzi yang tersedia sesuai urutan penulisan terkait kosakata yang ada pada tema.
l   Siswa mencoba membuat kalimat dalam bahasa Mandarin menggunakan kata .

l Menalar
l   Siswa membandingkan bentuk aksara yang mirip terkait kosakata dalam tema.
l   Siswa membandingkan makna dan penggunaan kosakata atau ungkapan berdasarkan perbedaan latar belakang  budaya.
l   Siswa membandingkan tempat wisata di China dan Indonesia
l Mengkomunikasikan
l   Siswa membaca kalimat yang sudah dibuat dengan suara lantang.
l   Siwa menyebutkan nama  tempat wisata di China
l   Siswa menyebutkan ciri khas produk berupa makanan, minuman, dan pertunjukan seni
100 menit
Penutup
² Guru memberikan soal pretest terkait tema yang sudah dipelajari
² Siswa diajak untuk dapat menarik kesimpulan pembelajaran pada pertemuan pertama dengan cara guru mengajukan beberapa pertanyaan terkait tema
² Siswa diberi tugas untuk berlatih membaca kosakata dan teks yang telah dipelajari dengan tema
² Guru memberitahukan materi yang akan dipelajari pada pertemuan selanjutnya dan meminta siswa untuk terlebih dahulu mempelajari sekilas materi tersebut.
15 menit

Pertemuan Kedua
Kegiatan
Deskripsi
Alokasi Waktu
Awal
²  Guru memberi salam dan siswa menjawab salam.
²  Guru melakukan pengecekan persiapan belajar siswa, ruang belajar siswa, dan media yang akan digunakan dalam  proses belajar mengajar.
²  Guru mengajak siswa untuk berdoa.
²  Guru mengabsen kehadiran siswa.
²  Guru mengajak siswa untuk mengulang kembali materi yang telah dipelajari sebelumnya.
²  Guru menyampaikan materi  yang akan diajarkan
20 menit
Inti
l Mengamati
l   Siswa mengamati guru yang menjelaskan cara penggunaan aplikasi ““Lüxi” ” pada smartphone android
l   Siswa mengamati kosakata yang dibacakan guru pada aplikasi ““Lüxi” ”
l   Siswa mengamati penjelasan guru mengenai nama tempat wisata di China yang ada pada aplikasi ““Lüxi” ” yang berbasis smartphone android
l   Siswa mengamati penjelasan guru mengenai produk “Lüxi”  berupa makanan, minuman, dan pertunjukan seni pada aplikasi “Lüxi”

l Menanya
l   Siswa menanyakan cara penggunaan aplikasi “Lüxi” pada smartphone android
l   Guru menanyakan pada siswa mengenai kosakata yang ada pada aplikasi “Lüxi”
l   Guru menanyakan pada siswa mengenai nama tempat wisata di China yang ada pada aplikasi “Lüxi”
l   Guru menanyakan pada siswa mengenai produk “Lüxi”  berupa makanan, minuman, dan pertunjukan seni pada aplikasi “Lüxi”

l Mencoba
l   Siswa mengoperasikan aplikasi “Lüxi”  pada smartphone android

l Menalar
l   Siswa membandingkan bentuk aksara yang mirip terkait kosakata dalam aplikasi “Lüxi” pada smartphone android.
l   Siswa membandingkan makna dan penggunaan kosakata atau ungkapan berdasarkan perbedaan latar belakang  budaya.
l   Siswa membandingkan nama tempat wisata di China dan Indonesia
l Mengkomunikasikan
l   Siswa menyebutkan nama tempat wisata di China berdasarkan materi yang ada pada aplikasi “Lüxi”
l   Siswa menyebutkan produk “Lüxi”  berupa makanan, minuman, dan pertunjukan seni di China berdasarkan materi yang ada pada aplikasi “Lüxi”

100 menit
Penutup
² Guru memberikan soal postest terkait tema yang sudah dipelajari
² Siswa diajak untuk dapat menarik kesimpulan pembelajaran pada pertemuan pertama dengan cara guru mengajukan beberapa pertanyaan terkait tema
² Siswa diberi tugas untuk berlatih membaca kosakata dan teks yang telah dipelajari dengan tema
² Guru memberitahukan materi yang akan dipelajari pada pertemuan selanjutnya dan meminta siswa untuk terlebih dahulu mempelajari sekilas materi tersebut.
15 menit


A.        Penilaian Proses dan Hasil Belajar
1.Kompetensi Sikap Spiritual
a.       Teknik penilaian : observasi
b.       Bentuk penilaian : lembar observasi
c.        Kisi-kisi :

No
Butir Nilai
Indikator
Jumlah
1
Bersyukur
Bersemangat dalam melaksanakan setiap kegiatan pada pembelajaran Bahasa Mandarin.
1
Serius dalam melaksanakan setiap kegiatan pada pembelajaran bahasa Mandarin
1
Jumlah
2

d.       Instrumen: lihat Lampiran 1A dan Lampiran 1B.
e.        Petunjuk Penentuan Skor: lihat Lampiran

2.Kompetensi Sikap Sosial
a.
Teknik Penilaian         : Observasi
b.
Bentuk Instrumen
: Lembar Observasi
c.          Kisi-kisi  :
No
Butir Nilai
Indikator
Jumlah Butir

1
Antusias
Menunjukkan perilaku antusias dalam proses pembelajaran bahasa Mandarin.
1
2
Kreatif  
Menunjukkan sikap kreatif  yang baik dalam kegiatan pembelajaran
1


JUMLAH
2

d.         Instrumen: lihat Lampiran2A dan Lampiran2B.
e.          Petunjuk Penentuan Skor: lihat Lampiran 3.
3.Kompetensi Pengetahuan
a.       Teknik Penilaian       : Tes tertulis
b.       Bentuk Instrumen     : soal tes
c.        Kisi-kisi                        :
NO
INDIKATOR
JUMLAH SOAL
BUTIR SOAL
1.
Menuliskan bunyi hanyu pinyin (shengmu, yinmu, shengdiao) dan hanzi mengenai kosakata dalam tema wisata
10
I.  1-10
3.        2.
Mencocokkan nama tempat wisata dengan Hanzinya
10
II.1-10
3.
Menyusun kalimat yang benar dalam bahasa Mandarin terkait tema dengan menggunakan  kata
5
III. 1-5

Jumlah soal
25









Sumber/Referensi
Buku Pegangan Kurikulum 2013
Buku teks pelajaran dan materi bahan ajar yang relevan.
Gresik,    Februari 2016
Guru Bahasa Mandarin                                                  Mahasiswa Peneliti



SONYA KIRANA PRATIWI, S.Pd                             WIDARTI
                                                                                                NIM. 12020774020
               
Mengetahui,
Kepala SMAN 1 Driyorejo

                                                                               

H. M. SYUAIB, S. Ag, M.M                                           NIP. 1960 0322 198504 1 001       





Lampiran 3
INSTRUMEN PENILAIAN KI-3 (PENGETAHUAN)
A.             LEMBAR SOAL PRETEST/POSTTEST
1.              Tuliskan Hanzi, punyin, atau arti kosakata berikut!
  
No
Hanzi
Pinyin
Arti
1.
喜欢
.................................
.................................
2.
.................................
.................................
pergi
3.
.................................
wánr
.................................
4.
哪里
.................................
.................................
5.
.................................
.................................
pernah
6.
.................................
Zhōumò
.................................
7.
旅行
.................................
.................................
8.
.................................
.................................
mengikuti
9.
.................................
Fùjìn
.................................
10.
一次
.................................
.................................

2.              Cocokkan nama tempat wisata, kuliner, kesenian, dan cinderamata dari China di bawah ini dengan Hanzinya!
1)       Tembok Besar China                        (颐和园)               
2)       Museum Kota Terlarang                 (天坛)
3)       Istana Musim panas                        (故宫)
4)       Kuil Langit                                          (长城)
5)       Kue bulan                                            (书法)
6)       Teh                                                         (扇子)
7)       Opera Beijing                                      ()
8)       Kaligrafi China                                  (京剧)
9)       Sutera                                                    (月饼)
10)   Kipas                                                     (丝绸)                                 
3.              Susunlah menjadi kalimat yang benar!
1)       北京                              
2)                                                                       这本
3)       汉语                                                      
4)                                   英语                   说过
5)                                   饺子       妈妈                  






















B.             KUNCI JAWABAN
1.              Menuliskan Hanzi, pinyin, atau arti terkait kosakata tema wisata

No.
Hanzi
Pinyin
Arti
1.
喜欢
xǐhuān
suka
2.
pergi
3.
玩儿
wánr
bermain
4.
哪里
nǎlǐ
dimana
5.
guò
pernah
6.
周末
Zhōumò
akhir pekan
7.
旅行
Lǚxíng
wisata, berpergian
8.
参加
Cānjiā
mengikuti
9.
附近
Fùjìn
di sekitar
10.
一次
Yīcì
sekali

2.       Mencoocokkan nama tempat wisata, kuliner, kesenian, dan cinderamata dari China dengan Hanzinya!
1)       Tembok Besar China                        (长城)
2)       Museum Kota Terlarang                 (故宫)
3)       Istana Musim panas                        (颐和园)
4)       Kuil Langit                                          (天坛)
5)       Kue bulan                                            (月饼)
6)       Teh                                                         ()
7)       Opera Beijing                                      (京剧)
8)       Kaligrafi China                                  (书法)
9)       Sutera                                                    (丝绸)
10)   Kipas                                                     (扇子) 

3.         Menyusun kata yang acak menjadi kalimat yang benar
1)       我去过北京
2)       他看过这本书
3)       你学过汉语吗?
4)       他学过了英语
5)       妈妈吃过了饺子



























C.             PETUNJUK PENGHITUNGAN SKOR KI-3 (PENGETAHUAN)

1.         Untuk soal bagian 1:
         Sebanyak 10 soal, Jawaban benar untuk tiap butir soal 1 diberi skor 4, dan jawaban salah diberi skor 0.
Penentuan Skor =   jumlah benar X 4
2.         Untuk soal bagian 2:
         Sebanyak 10 soal, Jawaban benar untuk tiap butir soal 2 diberi skor 3, jawaban salah diberi skor 0.
Penentuan Skor  =    jumlah benar X 3
3.         Untuk soal bagian 3:
         Sebanyak 5 soal, Jawaban benar untuk tiap butir soal 3 diberi skor 6,
penentuan Skor   = jumlah benar X 6
4.         Penentuan Skor  akhir = Skor bagian 1+ Skor bagian 2+ Skor bagian 3
5.         Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) minimal 75







7 komentar: