STRUKTURALISME DALAM FILM 小孩不笨二
(I’M NOT STUPID TOO)
Makalah
Oleh :
WIDARTI
NIM 12020774020
UNIVERSITAS
NEGERI SURABAYA
FAKULTAS BAHASA DAN
SENI
JURUSAN BAHASA DAN SASTRA MANDARIN
2016
BAB
I
PENDAHULUAN
1.
Latar
Belakang
Sastra merupakan
karya imajinatif yang tidak pernah lepas dari kehidupan sehari-hari. Karya
sastra terdiri dari berbagai macam jenis, seperti cerpen, novel, puisi, maupun
drama atau film. Salah satu sastra yang juga paling banyak peminatnya adalah
film. Film merupakan karya seni untuk menyampaikan pesandalam kehidupan yang
berbentuk audio visual. Pada perkembangannya film dianggap sebagai media
komunikasi yang ampuh untuk menyampaikan suatu pesan kepada sasarannya karena
bentuknya yang berupa gambar dan suara sehingga bentuknya lebih menarik. Pada
perkembangannya, banyak film yang dianalisis dan dikaji menggunakan berbagai
disiplin ilmu, termasuk kajian dalam sastra. Salah satu kajian dalam sastra
adalah strukturalisme.
Strukturalisme
merupakan ilmu yang mengkaji karya sastra dari sudut pandang karya sastra itu
sendiri. Fokus kajian ini adalah untur intrinsik pembentuk karya sastra
tersebut. Unsur intrinsik yang dimaksud adalah tema, alur, latar atau setting, penokohan, sudut pandang, gaya
bahasa, dan amanat yang terkandung dalam suatu karya sastra. Salah satu karya berbentuk fim yang bisa
dianalisis menggunakan kajian strukturalisme adalah film “小孩不笨儿” atau “I’m
Not Stupid Too”.
Film “I Not
Stupid Too” merupakan film yang termasuk dalam jenis film edukatif. Film ini menceritakan
pro dan kontra masalah pendidikan di Singapura,
khususnya tentang cara orang tua
dalam mendidik anak-anaknya. Film ini bercerita tentang tiga orang anak yang
memiliki hubungan buruk dengan orangtuanya. Tom Yeo yang berusia 15 tahun dan
Jerry Yeo yang berusia 8 tahun tak
pernah ada kesempatan untuk berbicara dengan kedua orangtuanya. Ibu mereka
bekerja disebuah redaksi majalah terkenal dan ayahnya seorang karyawan di
perusahaan gadget ternama. Mereka tak
pernah di beri kesempatan untuk mengutarakan pikirannya. Adapula Chengcai,
ayahnya seorang mantan pegulat yang menderita cacat di kakinya karena
pekerjaannya di masa lalu. Chengcai sangat menyukai Bruce Lee dan bela diri,
namun ayahnya melarang karena ia tidak mau Chengcai bernasib sama seperti
dirinya. Namun Chengcai tak bisa mengerti keinginan ayahnya karena Ayahnya
selalu mendidiknya dengan pukulan, tamparan, teriakan, dan hujatan. Chengcai
tumbuh menjadi anak pemberontak dan suka berkelahi hingga ia dikeluarkan dari
sekolah. Ada banyak hal yang dapat dianalisis dari film ini dengan menggunakan
berbagai perspektif atau kajian.
Berdasarkan
penjabaran latar belakang tersebut, penulis ingin membuat makalah dengan judul
“Strukturalisme dalam Film 小孩不笨二 (I’m Not Stupid Too)”. Harapan penulis adalah agar penulis dan
pembaca bisa mengetahui dan menemukan unsur intrinsik yang berupa tema, alur,
latar atau setting, penokohan, sudut
pandang, gaya bahasa, dan amanat yang terkandung dalam film “小孩不笨儿” atau “I’m
Not Stupid Too”.
2.
Rumusan
Masalah
Berdasarkan
latar belakang di atas, dapat dirumuskan rumusan masalah sebagai berikut:
1)
Apakah tema dari film
“小孩不笨儿” atau “I’m
Not Stupid Too”?
2)
Setting atau latar apa sajakah yang
terdapat pada film “小孩不笨儿”
atau
“I’m Not Stupid Too”?
3)
Bagaimanakah alur peristiwa dalam film
“小孩不笨儿” atau “I’m
Not Stupid Too”?
4)
Siapakah tokoh dalam film
“小孩不笨儿” atau “I’m
Not Stupid Too” dan bagaimana
karakternya?
5)
Sudut pandang apakah yang digunakan
pengarang pada film “小孩不笨儿”
atau
“I’m Not Stupid Too”?
6)
Gaya
bahasa apa yang digunakan dalam film film
“小孩不笨儿” atau “I’m
Not Stupid Too”
7)
Amanat apakah yang terkandung pada film
“小孩不笨儿” atau “I’m
Not Stupid Too”?
3.
Tujuan
Merujuk pada latar belakang dan rumusan masalah, adapun tujuan yang
ingin dicapai dalam pembuatan makalah ini, yaitu :
1)
Mendeskripsikan
tema dari film
“小孩不笨儿” atau “I’m
Not Stupid Too”.
2)
Mendeskripsikan setting atau
latar yang terdapat pada film “小孩不笨儿” atau
“I’m Not Stupid Too”.
3)
Mendeskripsikan alur
peristiwa dalam film “小孩不笨儿”
atau
“I’m Not Stupid Too”
4)
Mendeskripsikan tokoh dan karakter dalam film
“小孩不笨儿” atau
“I’m Not Stupid Too” .
5)
Mendeskripsikan sudut pandang
yang digunakan pengarang pada film “小孩不笨儿”
atau
“I’m Not Stupid Too”.
6)
Mendeskripsikan
gaya bahasa yang digunakan dalam film film “小孩不笨儿” atau
“I’m Not Stupid Too”.
7)
Mendeskripsikan amanat yang
terkandung pada film “小孩不笨儿”
atau
“I’m Not Stupid Too”.
4.
Manfaat
Adapun
manfaat yang dapat diperoleh dalam penulisan makalah ini adalah sebagai berikut
:
1.
Manfaat
teoritis: makalah ini diharapkan bermanfaat bagi ilmu pendidikan di Indonesia, utamanya mengenai kajian strukturalis dalam suatu
film.
2.
Manfaat
praktis: makalah ini diharapkan dapat menambah wawasan bagi pembaca.
5.
Metode
Penulisan
Metode yang digunakan dalam
penyusunan makalah ini yaitu metode
literatur. Metode literatur merupakan metode pengumpulan data dengan cara
membaca buku-buku dan situs-situs internet yang mendukung dan menunjang dalam
pembuatan dan penyusunan makalah, sekaligus dijadikan sebagai landasan dalam
penulisan suatu makalah.
BAB
II
PEMBAHASAN
1.
Tema film
“小孩不笨儿” atau “I’m
Not Stupid Too”.
Tema
merupakan ide pokok atau permasalahan utama yang mendasari jalannya cerita
dalam suatu karya sastra.
a.
Tema umum dalam film tersebut adalah
pendidikan. Hal tersebut bisa terlihat pada isi film yang menceritakan tentang
pro dan kontra masalah pendidikan di Singapura, bagaimana menempatkan anak-anak
yang dianggap “bodoh” dan “ nakal” dalam
lingkungan yang beriklim kompetitif, Chengcai yang dianggap nakal adlaah
seorang anak yang pandai dalam hal bela diri, namun bakat dan minatnya yang
tidak dapat disalurkan dengan baik sehingga mengakibatkan Chengcai dianggap
sebagai anak yang nakal dan berandal. Bagaimana pola asuh orang tua dalam
mendidik anak, cara Mr. Yeo dan Mrs Yeo yang sering memberikan hujatan pada Tom
dan Jerry mengakibatkan Tom dan Jerry merasa bahwa rumahnya hanyalah tempat
untuk tidur dan tidak ada orang yang pernah mengakui bakatnya. Bagaimana peran
guru dalam hal mengajar dan mendidik muridnya, Mr. Fu yang awalnya fokus pada
kenakalan dan kekurangan muridnya mengakibatkan muridnya tidak menyukainya yang
pada akhirnya Mr. Fu menyadari bahwa setiap orang harus bisa menemukan
kuncinya, setiap guru harus menenukan dan fokus pada bakat muridnya bukan pada
kekurangannya. Bagaimana peran lingkungan sekitar dalam membentuk karakter dan
watak seorang anak, teman dan lingkungan juga sangat berpengaruh pada
pembentukan karakter anak, Tom yang aslinya adalah anak yang berpenampilan
selayaknya anak-anak yang lain, setelah
berteman dengan sekelompok remaja pencuri karakternya berubah, ia
menjadi perokok dan gaya berpakaianna berubah seperti teman-temannya.
b.
Tema khusus dalam film tersebut adalah
tentang keluarga. Hal tersebut bisa terlihat pada bagaimana gambaran akibat
jika orang tua terlalu sibuk bekerja, Mr dan Mrs Yeo merupakan orang tua yang
super sibuk dan tidak pernah ada waktu untuk kedua orang tuanya bahklan hanya
untuk mendengarkan keinginan anaknya sekalipun, Tom akhirnya menjadi seorang
blogger untuk mencurahkan segala perasaannya yang tidak pernah bia ia ceritakan
pada orang tuanya. Bagaimana cara mendidik seorang anak, Ayah Chengca yang
selalu endidik Chengcai dengan cara memukul membuat Chengcai menjadi anak yang
pemberontak dan suka berkelahi karena bakatnya pun dlaam hal bela diri. Bagaimana
seharusnya orang tua melihat bakat dan kekurangan seorang anak, Mr dan Mrs Yeo
yang tidak pernah menghargai bakat Tom dalam hal Blog dan Ayah Chengcai yang
melihat bakat Chengcai hanya sebagai kenakalan yang tidakberarti dan berguna.
2.
Setting atau
latar pada film
“小孩不笨儿” atau
“I’m Not Stupid Too”.
Setting atau latar adalah tempat terjadinya
peristiwa baik yang berupa tempat, waktu dan ruang ataupun peristiwa cerita.
Latar tempat umum dalam film tersebut adalah Singapura. Adapun latar tempat
khusus adalah Rumah Tom dan Jerry, Sekolah Tom dan Jerry, Rumah sakit tempat
ayah Chengcai dirawat, Rumah Chengcai, jalanan umum di Singapura, kafe tempat
Tom dan ayahnya makan malam, kedai milik teman ayah Chengcai. Latar waktu yang terdapat dlaam film tersebut
adalah pagi, siang sepulang sekolah, dan malam hari.
3.
Alur
peristiwa dalam film “小孩不笨儿”
atau
“I’m Not Stupid Too”
Alur adalah rangkaian peristiwa atau
urutan kejadian dalam suatu karya sastra. alur yang digunakan dalam film tersebut adalah
alur maju karena menceritakan kejadian dari awal hingga akhir, tanpa ada flash-back. Adapun tahapan alur
ceritanya adalah sebagai berikut:
a.
Tahap
penyituasian : Yaitu pada saat adegan pertama yaitu monolog dari Jerry yang
menceriatakan situasi di keluarganya pada saat sarapan. Ayah dan ibunya selalu
mengomeli dan memberi mereka nasehat
sehingga Tom dan Jerry merasa
bosan, begitu pula dengan Chengcai dan ayahnya.
b.
Tahap
pemunculan konflik : sikap Mr. Fu pada muridnya saat ada inspeksi mendadak bagi
murid yang membawa HP dan Tom ketahuan membawa DVD porno ke sekolah.
c.
Tahap
peningkatan konflik : Chengcai akhirnya dikeluarkan dari sekolah dan Tom
mendapat hukuman cambuk dari sekolah. Akhirnya merekapun bergabung dengan
sekelompok geng rejmaja pencuri di Singapura.
d.
Tahap
klimaks : Tom dan Chengcai merampok seorang nenek dan Jerry mencuri uang di
sekolah untuk membeli tiket pertunjukan dramanya untuk diberikan pada
orangtuanya. Ayah Chengcai melihat anaknya dipukuli dan akhirnya terjatuh parah
dan masuk rumah sakit dan meninggal dunia.
e.
Tahap
penyelesaian : orang tua Tom dan Jerry serta Mr, Fu menyadari kesalahannya.
Orang tua Tom dan Jerry akhirnya datang dalam pertunjukkan drama Jerry dan
terus mendukung dan memfasilitasi bakat yang dimiliki Tom sehingga Tom menjadi
pemenang lomba Blogger. Disisi lain pihak sekolah menerima kembali Chengcai dan
mendukung serta memfasilitasi bakat Chengcai di bidang seni bela diri sampaiu
akhirnya Chengcai menjadi juara atau pemenang seni bela diri di Singapura untuk
tingkat remaja.
4.
Tokoh dan karakter dalam film
“小孩
不笨儿” atau “I’m Not Stupid Too” .
Tokoh merupakan pelaku cerita yang
ada dalam karya sastra. adapaun penohokan dan karakter yang terdapat pada film
tersebut adalah sebagai berikut:
a.
Tom Yeo : pintar dalam hal blogger. Tom
menjadi pemenang pada lomba blogger se Singapura. Setia kawan, hal tersebut
terlihat saat ia dan Chengcai tertangkap mencuri gadget.
b.
Jerry Yeo : pintar bermain drama, hal
tersebut terlihat saat Jerry menjadi
pemain utama dalam drama musikalnya di sekolah.
Lugu dan polos, hal tersebut terlihat saat ia mengira bahwa Xiao li
telah hamil dan ia menyuruhnya makan buah nanas sebanyak-banyaknya.
c.
Chengcai: pintar dalam seni bela diri,
hal tersebut terlihat saat di akhir cerita, ia menjadi juara bela diri tingkat
remaja di Singapura. Setia kawan, hal tersebut terlihat saat ia dan Tom
tertangkap mencuri gadget. Penyayang, hal tersebut terlihat pada saat
ayahnya masuk rumah sakit, ia berlari ke sekolah dan membujuk kepala sekolah
untuk datang ke RS dan berkata bahwa Chengcai sudah diterima kembali ke sekolah
agar ayahnya bahagia.
d.
Mr .Yeo : pintar, hal tersebut terlihat
dari pekerjaannya dalam sebuah perusahaan gadget
terkenal di Singapura dan sering memberikan presentasi pada kolega
perusahaannya. Pekerja keras, hal
tersebut terlihat saat ia tak mempunyai waktu untuk berbicara pada kedua
anaknya dan selalu mendapatkan telephone walaupun saat sedang makan bersama
keluarga. Penyayang, hal tersebut terlihat saat ia mengetahui bahwa anaknya
sedang dipukuli massa karena telah ketahuan merampok sorang nenek padahal saat
itu ia sedang akan menyampiakan presentasi dikantornya dan akhirnya ia segera
bergegas meninggalkan kantor dan menemui anaknya.
e.
Mrs.Yeo: pintar dalam hal jurnalistik,
hal tersebut terlihat dari pekerjaannya sebagai jurnalis terbaik di
perusahaannya. Pekerja keras, terlihat dari walaupun ia seorang istri dan
suaminya sudah mempunyai jabatan yang tinggi namun ia tetap bekerja dan menjadi
salah satu jurnalis terbaik di perusahaannya.
f.
Ayah Chengcai: penyayang, saat ia
menyadari dan mengetahui tas anaknya sudah rusak, ia segera membelikan tas baru
walaupun tas yang diberikan tidak sesuai dengan harapan anaknya. Pantang
menyerah, hal tersebut terlihat saat Chengcai dikeluarkan dari sekolah, ia tak
pantang menyerah untuk mendatangi semua sekolah di Singapura agar anaknya bisa
bersekolah lagi dan ia mampu menyalin ratusan surat permohonan sekolah
berbahasa Inggris walaupun ia sebenarnya tidak bisa berbahasa Inggris.
g.
Mr.Fu : idealis, hal tersebut terlihat
saat ia mengajar di sekolah bahwa murid yang salah harus dihukum, dan terlihat
saat inspeksi mendadak mengebai murid yang membawa HP.
h.
Kepala sekolah: tegas dan taat
peraturan, hal tersebut terlihat saat ia memberikan hukuman pada Chengcai dan
Jerry saat mereka memukuli Mr Fu dan ketahuan membawa kaset porno. Ia segera
memanggil orang tua Jerry dan Tom dan tidak mau menerima sogokan dari kedua
orang tua murid tersebut.
i.
Jingjing: pintar berbahasa Inggris. Hal
tersebut terlihat pada saat dialognya dengan Mr Fu di kelas yang
menyatakan bahwa bahasa Inggris pun juga
penting.
5.
Sudut pandang
pada film
“小孩不笨儿” atau
“I’m Not Stupid Too”.
Sudut
pandang adalah posisi atau kedudukan pengarang dalam membawakan cerita. Sudut
pandang yang digunakan adalah orang ketiga serba tahu.
6.
Gaya
bahasa dalam film “小孩不笨儿”
atau
“I’m Not Stupid Too”.
Gaya
bahasa yang digunakan dalam
film
“小孩不笨儿” atau
“I’m Not Stupid Too” bahasa
Mandarin, Inggris, dan Hokkian. Bahasa
Mandarin digunakan oleh pemain inti film tersebut, bahasa Inggris digunakan
oleh kepala sekolah dan Jingjing, bahasa Hokkian digunakan oleh nenek Tom dan
Jerry .
Amanat
adalah pesan yang ingin disampaikan dalam suatu karya sastra. Banyak pesan dan
nilai yang terkandung dalam film tersebut.
Pesan yang dapat diambil dari film ini adalah bagaimana seharusnya dalam
keluarga itu harus saling mengasihi, memperhatikan satu sama lain, membantu,
harus saling membagi waktu secara baik untuk keluarga, tidak hanya untuk urusan
pekerjaan saja, Bgaiaman pern guru dan sekolah dalam mendidik muridnya.
Anak-anak memerlukan perhatian dari orang tuanya. Apalagi disaat-saat mereka
sedang mencari jati diri,mereka memerlukan bimbingan,arahan,dan nasihat dari
kedua orang tuanya supaya mereka tidak terjerumus ke pergaulan yang tidak baik.
Selain itu, sudah seharusnya setiap orang tua melihat kelebihan atau bakat yang
dimiliki oleh anaknya, dan tidak hanya fokus pada kekurangan anaknya. Setiap
orang membutuhkan pujian, dan dari pujian itu akan menumbuhkan semangat kepada seseorang untuk
bertindak lebih baik dari tindakan
sebelumnya.
BAB
III
PENUTUP
1.
Simpulan
1)
Tema umum dalam film “小孩不笨儿” atau “I’m
Not Stupid Too” adalah pendidikan sedangkan tema khususnya adalah keluarga.
2)
Setting atau
latar pada film
“小孩不笨儿” atau
“I’m Not Stupid Too”
adalah Singapura.
3)
Alur
peristiwa dalam film “小孩不笨儿”
atau
“I’m Not Stupid Too” adalah alur maju.
4)
Penokohan
dalam film “小孩
不笨儿” atau “I’m Not Stupid Too”
yang paling mencolok adalah Tom dan Jerry, Chengcai, Mr dan Mrs Yeo, ayah
Chengcai, Mr Fu, dan kepala sekolah.
5)
Sudut pandang
pada film
“小孩不笨儿” atau
“I’m Not Stupid Too”
adalah orang ketiga serba tahu.
6)
Gaya
bahasa dalam film “小孩不笨儿”
atau
“I’m Not Stupid Too” adalah
bahasa Mandarin, Inggris, dan Hokkian.
7)
Amanat
yang terkandung pada film “小孩不笨儿”
atau
“I’m Not Stupid Too”
adalh bagaimana
seharusnya dalam keluarga itu harus saling mengasihi, memperhatikan satu sama
lain, membantu, harus saling membagi waktu secara baik untuk keluarga, tidak
hanya untuk urusan pekerjaan saja, Bgaiaman pern guru dan sekolah dalam
mendidik muridnya . Anak-anak memerlukan perhatian dari orang tuanya. Apalagi
disaat-saat mereka sedang mencari jati diri,mereka memerlukan
bimbingan,arahan,dan nasihat dari kedua orang tuanya supaya mereka tidak
terjerumus ke pergaulan yang tidak baik. Selain itu, sudah seharusnya setiap
orang tua melihat kelebihan atau bakat yang dimiliki oleh anaknya, dan tidak
hanya fokus pada kekurangan anaknya. Setiap orang membutuhkan pujian, dan dari
pujian itu akan menumbuhkan semangat
kepada seseorang untuk bertindak lebih baik dari tindakan sebelumnya.
DAFTAR
RUJUKAN
http://psikologi-shinrigaku.blogspot.co.id/2013/12/analisis-film-i-not-stupid-too.html.
Diakses pada Kamis 2 Juni 2016 pukul 05.00 WIB
http://makalahe19.blogspot.co.id/2015/02/makalah-bimbingan-dan-penyuluhan.html.
Diakses pada Kamis 2 Juni 2016 pukul 05.00 WIB
http://nofitahapsari.blogspot.co.id/2014/06/sinopsis-film-im-not-stupid-too.html.
Diakses pada Kamis 2 Juni 2016 pukul 05.00 WIB
Tidak ada komentar:
Posting Komentar