ABSTRAK
PENGEMBANGAN
APLIKASI “LÜXI” BERBASIS SMARTPHONE
ANDROID UNTUK PENGUASAAN KOSAKATA BAHASA MANDARIN SISWA KELAS XII-IBB 1 SMAN 1
DRIYOREJO GRESIK
Nama Mahasiswa :
Widarti
NIM :
12020774020
Jurusan : Bahasa dan
Sastra Mandarin
Fakultas : Bahasa dan Seni
Nama
Lembaga : Universitas
Negeri Surabaya
Pembimbing : Dr. Mintowati, M.Pd
Galih Wibisono, B.A., M.Ed.
Tahun : 2016
Kata kunci :
aplikasi “Lüxi”, android, kosakata, bahasa Mandarin
Penelitian
ini bertujuan untuk: 1) mengembangkan media pembelajaran berupa aplikasi
berbasis smartphone android untuk
penguasaan kosakata bahasa Mandarin siswa kelas XII IBB 1 SMAN 1 Driyorejo
Gresik, 2) mendeskripsikan kualitas aplikasi yang dikembangkan berdasarkan 3
aspek yaitu: (1) aspek kevalidan berdasarkan hasil penilaian validator yaitu
ahli materi, ahli media, dan guru bahasa Mandarin, (2) aspek keefektifan
berdasarkan nilai pretest-posttest
siswa kelas XII-IBB 1 SMAN 1 Driyorejo Gresik, (3) aspek kepraktisan
berdasarkan respon siswa kelas XII-IBB 1 SMAN 1 Driyorejo Gresik terhadap
aplikasi yang dikembangkan.
Penelitian
ini termasuk penelitian dan pengembangan atau Research and Development (R&D). Model pengembangan yang
digunakan adalah Research and Development
(R&D) oleh Sugiyono (2010) yang hanya dibatasi sampai pada tahap revisi
(2) produk setelah aplikasi diujicobakan kepada siswa kelas XII-IBB 1 SMAN 1
Driyorejo Gresik dan tidak dilanjutkan pada tahap produksi massal karena
keterbatasan waktu, tenaga dan biaya. Instrumen penelitian yang digunakan
berupa angket berbentuk checklist
menggunakan skala likert dengan 4 alternatif jawaban. Data yang diolah dalam
penelitian ini adalah angka penilaian aplikasi dari ahli materi, ahli media,
guru bahasa Mandarin, peer reviewer,
dan siswa kelas XII-IBB 1 SMAN 1 Driyorejo Gresik yang dianalisis secara
deskriptif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1)
dikembangkan media pembelajaran berupa aplikasi “Lüxi” berbasis smartphone android untuk penguasaan
kosakata bahasa Mandarin siswa kelas XII IBB 1 SMAN 1 Driyorejo Gresik, 2)
kualitas aplikasi “Lüxi” berdasarkan aspek keefektifan yaitu penilaian ahli
media adalah
%
(sangat kuat), ahli materi adalah
%
(sangat kuat), guru bahasa Mandarin kelas XII IBB 1 SMAN 1 Driyorejo Gresik
adalah
(sangat kuat), dan peer reviwer adalah
(sangat kuat). Berdasarkan aspek keefektifan
diketahui bahwa aplikasi “Lüxi” mampu meningkatkan nilai rata-rata siswa kelas
XII IBB 1 SMAN 1 Driyorejo. Nilai rata-rata siswa kelas XII-IBB 1 SMAN 1
Driyorejo Gresik sebelum aplikasi “Lüxi” diujicobakan atau pada saat pretest adalah 43,05, sedangkan nilai
rata-rata siswa kelas XII-IBB 1 SMAN 1 Driyorejo Gresik pada saat postest adalah 81,75. Selisih antara
nilai postest dan pretest seluruh siswa siswa kelas
XII-IBB 1 SMAN 1 Driyorejo Gresik adalah 38.7 dengan t-signifikasi
sebesar
. Aspek kepraktisan berdasarkan respon siswa
kelas XII-IBB 1 SMAN 1 Driyorejo Gresik diketahui bahwa kualitas aplikasi
“Lüxi” yang telah dikembangkan mendapat respon yang positif dari siswa.
Penilaian siswa kelas XII-IBB 1 SMAN 1 Driyorejo Gresik terhadap aplikasi
“Lüxi” adalah 90% (sangat kuat) sehingga aplikasi “Lüxi” layak untuk digunakan
sebagai media pembelajaran bahasa Mandarin.
ABSTRACT
DEVELOPMENT "LUXI" APPLICATION BASED ON ANDROID
SMARTPHONE FOR MASTERY CHINESE VOCABULARY STUDENTS OF CLASS XII-IBB 1 SMAN 1 DRIYOREJO GRESIK
Name : Widarti
NIM : 12020774020
Department : Chinese Language and Literature
Faculty : Language and Art
Institution : State University of Surabaya
Advisor : Dr. Maria Mintowati, M.Pd.
Galih Wibisono, B.A., M.Ed.
Year : 2016
NIM : 12020774020
Department : Chinese Language and Literature
Faculty : Language and Art
Institution : State University of Surabaya
Advisor : Dr. Maria Mintowati, M.Pd.
Galih Wibisono, B.A., M.Ed.
Year : 2016
Keywords : "Luxi" app, android, vocabulary, Chinese
This research aims to: 1) develop learning media with app-based android
smartphone for mastery Chinese vocabulary students of class XII IBB 1 SMAN 1 Driyorejo
Gresik, 2) describe the quality of the application
developed based on three aspects: (1) the aspect of validity based on
assessment result subject validator, media
validator, and Chinese teacher, (2) the aspect of effectiveness based on the
value pretest-posttest students of class XII-IBB 1 SMAN 1 Driyorejo Gresik, (3)
the aspect of practicality based on the responses of students class XII-IBB 1
SMAN 1 Driyorejo Gresik of the developed application.
This research included in research and development or
commonly called Research and Development (R & D). The development model
used is a Research and Development (R & D) model by Sugiyono (2010), which
is limited to revision (2) product stage
after application
tested to class XII student-IBB 1 SMAN 1 Driyorejo Gresik and not resumed at
the mass production stage, Assessment instruments used eith checklist questionnaire using Likert scale with four alternative answers. Data are processed in this research is the number of application assessment
of subject validator, media validator, Chinese
teacher, peer
reviewers, and the students of class XII-IBB 1 SMAN 1 Gresik Driyorejo with descriptively analyzed.
The results showed that 1) has been developed learning
media in the form of "Luxi" application based android smartphone to mastery Chinese
vocabulary
students of class XII IBB 1 SMAN 1 Driyorejo
Gresik, 2) quality of the "Luxi" application based on aspects of
effectiveness is an expert assessment of media validator
was 89, 47% (very
strong), a subject validator is 89.70% (very strong), Chinese teacher of class XII IBB 1 SMAN 1 Driyorejo Gresik is 94.44% (very
strong), and peer reviwers is 96.57% (very strong). Based on effectiveness aspects
that the "Luxi" application able to increase the average value of the
students class XII IBB 1 SMAN 1 Driyorejo
Gresik. The average
value of class XII student-IBB 1 SMAN 1 Driyorejo Gresik before application
"Luxi" tested or when the pretest was 43.05, while the average value
of class XII student-IBB 1 SMAN 1 Driyorejo Gresik when posttest was 81, 75.
The difference between the posttest and pretest all students of class XII -IBB
1 SMAN 1 Driyorejo Gresik was 38.7 with t-significance is 12.07. Aspects of practicality based on the response of students of class
XII-IBB 1 SMAN 1 Driyorejo Gresik known that the quality of "Luxi"
applications which developed has an positive response from students. Rating students of class XII -IBB 1 SMAN 1 Driyorejo
Gresik to the "Luxi" application was
90% (very strong) so that "Luxi" applications feasible to be used as a Chinese
learning media.
摘要
为SMAN 1 DRIYOREJO GRESIK XII-IBB 1 班里的学生掌握词汇能力基于“LÜXI”的智能手机应用程序开发
姓名 :Widarti
学号 :12020774020
系 :汉语语言与文学
学院 :语言与艺术学院
大学 :泗水国立大学
导师 :Dr.
Mintowati, M.Pd.
Galih Wibisono,
B.A., M.Ed.
年份 :2016
年
Kata kunci :
“Lüxi”应用、安卓、词汇、汉语
本研究的目的是:1)开发教学媒体对SMAN 1 DRIYOREJO GRESIK XII-IBB 1 班里的学生掌握词汇能力基于“LÜXI”的智能手机应用程序,2)了解开发的应用程序的质量方面按照3个方面:(1)有效性方面根据评估验证,如媒体专家与汉语教师,(2)有效性方面根据预试与后试XII-IBB
1班里的学生值,实用性方面根据XII-IBB 1班里学生的响应。
本研究是属于研究开发,研究开发的模型是应用Sugiono(2010)的理论只控制到产品的阶段改版的应用程序进行测试,所使用的研究仪器的调查问卷。本研究的数据是主题专家应用的评估、媒体专家、汉语教师、审稿人、与SMAN
1 DRIYOREJO GRESIK XII-IBB 1 班里的学生
结果显示:1)目前已开发教学媒体对SMAN 1 DRIYOREJO GRESIK XII-IBB 1 班里的学生掌握词汇能力基于“LÜXI”的智能手机应用程序,2)应用的“LÜXI”质量根据有效性方面媒体专家是89,4%(很强),学习材料专家是89,70%(很强),审稿人是96,57%(很强)。根据有效性可知应用“LÜXI”可以提高SMAN
1 DRIYOREJO GRESIK XII-IBB 1 班里学生的成绩。预试的平均分数是43,5分,而后试的平均分数是81,75。预试与后试分数的差距是38,7并且t-意义有12,7。根据调查问卷SMAN
1 DRIYOREJO GRESIK XII-IBB 1 班里的学生得了积极响应。SMAN 1
DRIYOREJO GRESIK XII-IBB 1 班里的学生对“Lüxi”是90%(很强)所以在学习汉语中使用“Lüxi”媒体会很有效。
Tidak ada komentar:
Posting Komentar